Jawaban Jelajah Kata : Mencari Makna Kata yang Disorot Kuning pada Teks Nenek Moyang Kita

Jawaban Jelajah Kata : Mencari Makna Kata yang Disorot Kuning pada Teks Nenek Moyang Kita – Dalam artikel ini akan disajikan informasi tentang jelajah kata. Pembahasan soal ini terdapat pada bab VII pada buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, kalian diharapkan membaca teks yang berjudul Nenek Moyang Kita. Perhatikan ada beberapa kata yang disorot kuning, carilah perkiraan maknanya. Kemudian siapkan sumber terkait seperti KBBI, lalu carilah makna yang sebernarnya dari setiap kata yang disorot kuning.

Berikut ini pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak bersama !

Jawaban Jelajah Kata : Mencari Makna Kata yang Disorot Kuning pada Teks Nenek Moyang Kita Halaman 162

1. Membaca Cerita

Bacalah teks “Nenek Moyang Kita” di bawah ini secara nyaring.

Nenek Moyang Kita

Sebagian orang akan menjawab dengan tempat kelahirannya. Sebagian lainnya akan menjawab dengan daerah asal atau suku orang tuanya, misalnya Bugis atau Aceh. Ada juga yang menjawab dengan daerah asal kakek-neneknya, atau malah kakek-nenek buyutnya jika mereka tidak berasal dari daerah yang sama, misalnya, kakeknya dari Jawa dan neneknya orang Dayak.

Baca Juga : Jawaban Menemukan Rima pada Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Ada pula yang asal leluhurnya lebih jauh, misalnya Pakistan, Tiongkok, Arab, atau negara lainnya. Tidak jarang kita berjumpa dengan orang yang berdarah campuran. Di darahnya mengalir berbagai suku atau bangsa. Kalau sudah begitu, sebagian orang lebih senang menjawab “Saya orang Indonesia”. Dari suku atau daerah mana pun dia atau orang tua dan leluhurnya, yang penting kita sama-sama orang Indonesia, bukan?

Sejak dahulu orang-orang sudah pergi merantau, berpindah dari daerah asalnya. Di tempat baru mereka menetap dan berkeluarga dengan warga setempat atau pendatang lainnya. Tahukah kamu, migrasi manusia di muka bumi ini sudah terjadi sejak zaman purba.

Menurut para ahli, berjuta-juta tahun lalu pada awalnya belum ada manusia di pertiwi kita ini. Manusia pertama yang datang adalah Homo erectus dari Afrika. Tentu saja mereka tidak datang langsung ke Indonesia begitu saja. Mereka berpencar ke Eropa, Asia, dan sebagiannya ke Indonesia. Mereka kemudian beranak pinak dan menyebar ke berbagai daerah. Setelah itu, ada beberapa gelombang kedatangan lagi dalam rentang waktu yang lama.

Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban dan kebudayaan manusia, berkembang pula interaksi dan perdagangan antarmasyarakat. Oleh karena itu, berdatangan pula orang-orang dari budaya lain ke Nusantara, seperti dari India, Tionghoa, dan Arab.

Semua proses migrasi ini berlangsung dalam rentang waktu yang sangat lama. Dari mana kita tahu tentang proses ini? Untuk itu kita harus berterima kasih kepada para ahli yang terus melakukan penelitian mendalam. Para ahli meneliti barang-barang peninggalan sejarah dan fosil. kedatangan nenek moyang kita dahulu kala.

Baca Juga : Jawaban Melengkapi Teka-Teki Silang

2. Memahami Bacaan

Setelah membaca teks “Nenek Moyang Kita” dan memperhatikan gambar dengan saksama, ceritakan hal yang kalian pahami tentang asal-usul nenek moyang kita.

Tuliskan jawaban kalian di buku tulis. Dengan membaca teks “Nenek Moyang Kita”, kalian belajar untuk menemukan dan mengidentifikasi informasi.

Jelajah Kata

Perhatikan kata-kata yang disorot kuning di dalam teks “Nenek Moyang Kita”.

1. Berdasarkan pemahaman kalian, perkirakan arti kata-kata tersebut.

2. Tulislah di buku kalian dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini.

Kata Perkiraan artinya Arti sebenarnya
Leluhur    
Migrasi    
dst    

3. Periksa silang jawaban kalian dengan teman di sebelah.

4. Periksa jawaban kalian bersama-sama dengan menggunakan KBBI.

5. Tambahkan kata-kata tersebut ke dalam Kamus Kartu kalian.

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Teks Anak-Anak Merapi

Jawaban :

Kata Perkiraan artinya Arti sebenarnya
Leluhur Nenek moyang Nenek moyang (yang diluhurkan).
Migrasi Berpindah tempat Perpindahan penduduk dari suatu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap.
Buyut Orangtua nenek Ibu dari nenek (urutannya : bapak/ibu, nenek, buyut).
Merantau Bekerja di luar daerah Berlayar (mencari penghidupan)di sepanjang rantau (dari satu sungai ke sungai lain dan sebagainya).
Pendatang Orang yang baru datang ke suatu daerah Orang yang datang dari tempat lain untuk menetap disuatu tempat.
Purba Jaman dahulu kala Dahulu (tentang zaman yang ribuan atau jutaan tahun yang lalu).
Nenek moyang leluhur Orang dulu yang menurunkan kita; leluhur.

Baca Juga : Jawaban Soal Diskusi tentang Sabana di Indonesia

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang jawaban jelajah kata : mencari makna kata yang disorot kuning pada teks Nenek Moyang Kita yang terdapat pada materi bab VII Bahasa Indonesia kelas 4 SD. Penyajian jawaban ini semoga dapat bermanfaat dalam membantu sobat dalam belajar.

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Tinggalkan komentar