Jawaban Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak

Jawaban Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak – Pada artikel ini akan disajikan informasi tentang isi drama. Analisis isi drama digunakan untuk mempelajari dan menginterpretasikan konten yang terdapat dalam sebuah drama. Metode ini dapat dilakukan dengan membaca atau menyimak drama secara seksama, lalu mengidentifikasi unsur-unsur penting yang terdapat di dalamnya.

Nah, sebagai latihan kalian akan melakukan analisis terhadap dua naskah drama yang berjudul Lomba Masak dan Naik Kelas. Materi ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI  Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak bersama !

Jawaban Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak Halaman 261

Bacalah teks drama di bawah ini!

Teks 1:

Jawaban Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak

Baca Juga : Jawaban Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama yang Dibaca atau yang Ditonton

Teks 2 :

Jawaban Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak

Setelah kamu membaca kedua naskah di atas, ikutilah instruksi di bawah ini!

1. Tentukanlah tema dari masing-masing teks drama di atas!

2. Bagaimanakah inti cerita yang terdapat pada teks 1 dan teks 2?

3. Berikan tanggapanmu terhadap masing-masing teks drama tersebut!

Baca Juga : Jawaban Memahami Struktur Drama yang Dibaca atau Ditonton

Jawaban :

1. Tema pada teks 1 yaitu tentang membuat makanan dari bahan sederhana. Sedangkan tema teks 2 yaitu tentang kepedulian terhadap teman.

2. Inti cerita pada teks 1 : menentukan bahan yang akan digunakan dalam lomba masak. Meskipun awalnya ada beberapa perdebatan, namun pada akhirnya yang disepakati adalah membuat makanan dari bahan sederhana.

Inti cerita teks 2 : Ardi memperhatikan sahabatnya citra yang juara kelas mengapa  tampak bimbang. Ternyata rasa bimbang citra adalah karena Ardi sendiri, meskipun tidak naik kelas masih peduli memperhatikan orang lain.

3. Tanggapan cerita teks 1 yaitu bahwa untuk membuat makanan yang enak tidak melulu harus menggunakan bahan yang malah. Bahan makanan yang sederhana dan murah jika diolah dengan tepat dapat menjadi masakan yang enak.

Tanggapan cerita teks 2 : kitab oleh peduli kepada kondisi orang lain, akan tetapi jangan lupa bahwa peduli dengan keadaan diri sendiri juga tidak kalah pentingnya.

Kesimpulan

itulah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang jawaban menganalisis isi drama yang dibaca atau disimak yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum Merdeka. Semoga dengan penyajian jawaban ini dapat bermanfaat dalam membantu sobat dalam belajar. Selamat belajar !

Baca Juga : Jawaban Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Tinggalkan komentar