Jawaban Menangkap Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Jawaban Menangkap Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel – Dalam dunia sastra, novel sering kali menjadi medium yang kuat untuk mengeksplorasi berbagai aspek kehidupan manusia. Saat membaca sebuah novel, kita tidak hanya dihadapkan pada alur cerita yang menarik, tetapi juga terhubung dengan pemikiran dan maksud pengarang yang tersembunyi di balik setiap kata yang tertulis. Melalui novel, pengarang berusaha untuk menyampaikan pesan-pesan dan pandangan mereka tentang kehidupan.

Pada artikel ini akan disajikan informasi tentang menangkap maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel. Materi ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya, simak yuk !

Jawaban Menangkap Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel Halaman 116

Penciptaan Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk adalah novel yang ditulis oleh Ahmad Tohari. Ahmad Tohari yang lahir pada tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari lahir dari keluarga santri, Ayahnya seorang kiyai dan ibunya pedagang kain. Dalam Ensiklopedia Sastrawan Indonesia Modern disebutkan ia lahir dari keluarga yang tidak kekurangan namun lingkungan masyarakat di sekitar mengalami kelaparan.

Novel ini bercerita tentang kisah cinta antara Srintil, seorang penari ronggeng, dan Rasus, teman sejak kecil Srintil yang berprofesi sebagai tentara. Ronggeng Dukuh Paruk mengangkat latar Dukuh Paruk, desa kecil yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan. Latar waktu yang diangkat dalam novel ini adalah tahun 1960-an yang penuh gejolak politik. Pada penerbitan pertama, novel ini terdiri atas tiga buku (trilogi), yaitu Catatan Buat Emak, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala. Novel ini telah diadaptasi ke dalam film Darah dan Mahkota Ronggeng (1983) dan Sang Penari (2011). Pada 2014, Ronggeng Dukuh Paruk diterbitkan dalam bentuk audio menggunakan suara Butet Kartaredjasa.

Baca Juga : Jawaban Menyusun Saran terhadap Isu Aktual

Tugas

Setelah kalian membaca teks, tulislah data yang kamu peroleh dari artikel ”Penciptaan Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk” pada kolom berikut ini!

Jawaban Menangkap Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Jawaban :

No Data yang diperoleh
1 Ronggeng Dukuh Paruk adalah sebuah novel yang ditulis oleh penulis Indonesia asal Banyumas.
2 Ronggeng Dukuh Paruk ditulis oleh Ahmad Tohari.
3 Ahmad Tohari lahir dari keluarga santri.
4 Novel ini bercerita tentang kisah cinta antara seorang penari bernama Srintil dan seorang tentara bernama Rasus.
5 Dalam Ronggeng Dukuh Paruk mengangkat latar Dukuh Paruk, desa kecil yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan.
6 Ronggeng Dukuh Paruk  merupakan trilogi novel Ahmad Tohari.

Baca Juga : Jawaban Menyusun Argumen atau Pendapat terhadap Isu Aktual

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal yang dapat disajikan jawaban menangkap maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Kurikulum Merdeka. Semoga dengan penyajian jawaban ini dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam belajar. Selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Tinggalkan komentar