Jawaban Soal tentang Penokohan dalam Cerita Pendek

Jawaban Soal tentang Penokohan dalam Cerita  Pendek – Penokohan merupakan salah satu unsur pembangun cerita pendek. Penokohan merupakan cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita.

Nah, Pada artikel ini akan disajikan informasi tentang penokohan dalam cerita  pendek. Materi ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya, simak yuk !

Jawaban Soal tentang Penokohan dalam Cerita  Pendek Halaman 122

2. Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Perhatikanlah kutipan-kutipan di bawah ini!

b. Bagaimana watak dari tokoh yang ada pada cuplikan-cuplikan tersebut?

c. Dalam diskusi kelompok, jelaskan cara pengarang di dalam menggambarkan watak dari tokoh-tokoh tersebut!

1) Aku tahu emak tentu tidak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas. “Sekolah itu kan tempat priayi lho, Gus. Emakmu ini apakah, ndak ilok kalau berada di tempat itu.”

“Oalah, Mak, Mak! Priayi itu zaman dulu, sekarang ini orang sama saja, yang membedakan itu kan isinya,” aku menekankan telunjuk ke keningku. “Itulah Gus yang Emak maksudkan priayi. Emak tidak mau ke tempat yang angker itu. Nanti Emakmu ini hanya akan jadi tontonan saja, karena plonga-plongo kayak kerbau. Kasihan kamu, Gus.”

2) “Kau punya anak, punya istri. Dari itu kau punya pegangan hidup, punya tujuan minimal. Tapi yang terpenting kau punya tangan. Hingga kau dapat mencapai apa saja yang kau maui. Sebagai suami, sebagai ayah, sebagai lelaki, sebagai manusia juga, seperti yang kita omongkan dulu, kau dapat mencapai sesuatu yang kauinginkan. Alangkah indahnya hidup ini, kalau kita mampu berbuat apa yang kita inginkan. Tapi kini aku tentu saja tak dapat berbuat apa yang kuinginkan. Masa mudaku habis sudah ditelan kebuntungan ini.”

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Unsur-unsur Cerita Pendek

Jawaban :

2. Watak dari tokoh yang ada pada cuplikan :

Kutipan Nama Tokoh Watak Cara Penggambaran

 

1) Emak Keras kepala, kolot Penggambaran isik dan perilaku tokoh
2) Aku Mudah putus asa/ menyerah Pengungkapan jalan pikiran tokoh

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang jawaban soal tentang penokohan dalam cerita pendek yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XI Kurikulum Merdeka. Semoga dengan penyajian jawaban ini dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam belajar. Selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Baca Juga : Jawaban Mempresentasikan Sebuah Teks Cerita Pendek dengan Nilai Kehidupan

Tinggalkan komentar