Jawaban Biologi SMA Kelas XI Latihan 2.1 Perbedaan Difusi Sederhana dan Difusi Terfasilitasi

Jawaban Biologi SMA Kelas XI Latihan 2.1 Perbedaan Difusi Sederhana dan Difusi Terfasilitasi – Sobat, pada kesempatan ini akan disajikan pembahasan soal tentang perbedaan difusi sederhana dan difusi terfasilitasi. Dalam dunia selular dan kimia, ada dua proses penting yang mengatur pergerakan partikel dan molekul ke dalam dan keluar dari sel atau membran. Dua proses ini dikenal sebagai difusi sederhana dan difusi terfasilitasi. Kedua proses ini memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan zat-zat yang ada dalam sistem biologis dan kimia.

Difusi sederhana adalah proses alami di mana partikel, seperti molekul gas, ion, atau molekul kecil lainnya, bergerak dari area yang memiliki konsentrasi yang tinggi ke area yang memiliki konsentrasi yang lebih rendah. Ini adalah contoh peristiwa yang terjadi secara spontan tanpa energi tambahan yang diperlukan. Difusi sederhana adalah hasil dari gerakan acak partikel, di mana mereka bergerak secara acak dalam semua arah.

Difusi terfasilitasi, di sisi lain, melibatkan pergerakan partikel melintasi membran sel, tetapi dengan bantuan protein khusus yang disebut protein pengangkut atau protein kanal. Proses ini terjadi ketika partikel-partikel tertentu memiliki kesulitan untuk melewati membran lipid sel karena ukuran, muatan, atau sifat kimia mereka. Oleh karena itu, protein-protein ini bertindak sebagai “pintu gerbang” yang memungkinkan partikel melewati membran dengan lebih efisien.

Pembahasan soal ini diambil dari materi yang terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak bersama. Selamat membaca !

Baca Juga : Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14

Jawaban Biologi SMA Kelas XI Latihan 2.1 Perbedaan Difusi Sederhana dan Difusi Terfasilitasi Halaman 50

Latihan 2.1

Berdasarkan jawaban Kalian terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, dapatkah Kalian menjelaskan perbedaan antara difusi sederhana dan difusi terfasilitasi?

Tabel 2.4 Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi.

NoHal pembedaDifusi sederhanaDifusi terfasilitasi

Jawaban :

NoHal pembedaDifusi sederhanaDifusi terfasilitasi
1Perantara

 

Tanpa melalui perantaraMelalui perantara (transporter/protein integral)
2Ukuran partikel

 

Partikel yang ukurannya cenderung kecil yang bisa melewati pori membran selPartikel yang ukurannya

cenderung lebih besar yang tidak bisa melewati pori membran sel

Baca Juga : Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal yang dapat disajikan pembahasan soal tentang perbedaan difusi sederhana dan difusi terfasilitasi yang terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Semoga dengan penyajian jawaban ini dapat bermanfaat dan membantu dalam belajar. Selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Tinggalkan komentar