Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Tumbuh Kembang Makhluk Hidup

Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Tumbuh Kembang Makhluk Hidup – Sobat, pada kesempatan ini akan disajikan pembahasan soal tentang tumbuh kembang makhluk hidup. Pembahasan soal ini diambil dari materi yang terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak bersama. Selamat membaca !

Tumbuh kembang adalah suatu proses yang tidak hanya mencakup pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan fungsi dan struktur organisme. Selama perkembangan embrio, organisme mengalami diferensiasi sel, di mana sel-sel menjadi beragam jenis untuk membentuk berbagai bagian tubuh seperti otot, tulang, dan organ-organ vital.

Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Tumbuh Kembang Makhluk Hidup Halaman 244

Ayo Mengingat Kembali

Kalian telah mempelajari sel, organ, jaringan dan sistem organ waktu di SD, SMP, dan SMA Kelas X, juga awal SMA kelas XI ini. Pengetahuan tersebut akan berkaitan dengan apa yang akan Kalian pelajari selanjutnya, yaitu mengenai tumbuh kembang makhluk hidup.

1. Bagaimana peran sel dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup?

2. Apa fungsi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup?

Baca Juga : Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 7.3

Tuliskan jawaban tersebut pada buku catatanmu!

Jawaban :

1. Peran Sel dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup:

  • Sel memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan dengan berproliferasi (pembelahan), berdiferensiasi (menjadi berbagai jenis sel), berkomunikasi, dan menjalankan fungsi-fungsi khusus seperti dalam sistem kekebalan.

2. Fungsi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup:

  • Pertumbuhan meningkatkan ukuran organisme, memungkinkan adaptasi terhadap lingkungan, dan mendukung reproduksi.
  • Perkembangan melibatkan diferensiasi sel dan membentuk organisme yang berfungsi secara khusus.

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal yang dapat disajikan pembahasan soal tentang tumbuh kembang makhluk hidup yang terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Semoga dengan penyajian jawaban ini dapat bermanfaat dan membantu dalam belajar. Selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Baca Juga : Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 6.12

Tinggalkan komentar