Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi proses terjadinya suatu kejadian, yang akan dibahas disini adalah contoh teks eksplanasi sosial, yang berarti menjelaskan proses suatu kejadian yang berkaitan dengan sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Korupsi

Korupsi

Pernyataan Umum

Korupsi adalah tindakan mencuri uang yang bukan hak mereka. Dalam masyarakat sering terjadi pada sektor terkecil. Individu, desa, aparat, provinsi hingga pusat tidak terkecuali dari pelaku tindak pidana korupsi.

Sebab Akibat

Korupsi dapat terjadi jika pengawasan yang lemah dalam sistem. Akibatnya, orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya. Melakukan rekayasa keuangan, acara, atau pengakuan. Tak heran, kasus korupsi terkadang sulit diselesaikan. Didukung oleh hukum yang lemah, kita hanya perlu melihat mantan napi korup yang masih bisa mencalonkan diri sebagai bos daerah. Sementara itu, dia telah dijatuhi hukuman mati di negara lain. Itu tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Namun paling tidak, harus ada regulasi ketat yang berdampak jera.

Interpretasi

Korupsi bukanlah tatanan hari ini. Oleh karena itu perlu ditanamkan kejujuran, pendidikan agama dan karakter. Serta meningkatkan pengawasan dan undang-undang yang dapat mendorong pencegahan bagi orang-orang yang korup.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Demokrasi

Demokrasi

Pernyataan Umum

Demokrasi, bila diartikan secara sempit, berarti rakyat, rakyat dan rakyat. Padahal, dalam arti luas penyelenggaraan negara itulah yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi secara penuh. Salah satu wujudnya adalah pilihan sebagai implementasi dari empat prinsip Pancasila

Sebab Akibat

Namun sayangnya, partisipasi masyarakat dari tahun ke tahun terus menurun. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Perusahaan juga terus mengembangkan budaya suap. Sebagai contoh pemberian uang yang diberikan kandidat ke desa pada saat pemilihan.

Interpretasi

Tetapi bahkan jika ada masalah ini. Ini tidak berarti bahwa masyarakat tidak berpartisipasi dalam kehidupan yang lebih baik di Indonesia. Hanya saja Anda harus lebih berhati-hati tentang mana yang benar dan mana yang salah.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Gotong Royong

Gotong Royong

Pernyataan Umum

Gotong royong merupakan kegiatan sosial yang didasarkan pada prinsip kekeluargaan, saling memiliki dan saling membantu dalam setiap kebutuhan. Sebagai anggota komunitas, kami mendapat pelajaran menarik dari fenomena ini di masyarakat bahwa semua masalah dapat dengan mudah diselesaikan jika dikerjakan bersama secara gotong royong. Baik itu mengatasi banjir, mengatasi longsor dan sejenisnya.

Penjelas

Gotong royong dimulai dengan minat yang sama, dimana ada tujuan dalam kegiatan tersebut yang akan berguna bagi orang lain. Tidak hanya untuk kepentingan bersama, tetapi juga untuk kepentingan pribadi, dimungkinkan untuk saling bekerja sama dengan bantuan tetangga, orang yang dicintai, dan bakat lainnya dengan prinsip kekeluargaan. Kegiatan yang saling bekerja sama akan memberikan kemudahan dan penyelesaian yang lebih cepat. Selain itu, kerja sama juga akan mempererat persaudaraan antar sesama anggota masyarakat, karena mereka menyadari bahwa sebagai makhluk sosial mereka tidak bisa hidup sendiri.

Interpretasi

Oleh karena itu marilah kita menumbuhkan gotong royong dalam masyarakat, karena dalam budaya gotong royong kita dapat belajar bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri, tetapi manusia adalah makhluk sosial. ini akan membuat bisnis selesai lebih cepat dan mudah.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kenakalan Remaja

Kenakalan Remaja

Pernyataan Umum

Kenakalan remaja merupakan salah satu fenomena sosial yang berkembang saat ini, dimana kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang remaja, yang oleh sebagian orang dewasa dianggap nakal karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Dan menyedihkan bahwa remaja tidak menyesali perbuatannya, sebaliknya, mereka bangga dengan perbuatannya

Penjelas

Perkembangan kenakalan remaja saat ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, faktor internal. Kenakalan remaja pada umumnya bersumber dari perilaku keluarga yang buruk, ekonomi keluarga, perceraian, perzinahan, rumah tangga yang berantakan, ketidaktahuan dan juga gangguan jiwa manusia. Kedua, faktor eksternal. Kenakalan remaja biasanya terjadi sebagai akibat dari pengaruh sosial eksternal, seperti pergaulan remaja yang salah, masyarakat yang acuh tak acuh, pengaruh teman yang buruk, dan sebagainya. Faktor internal dan eksternal yang buruk dapat berdampak negatif pada orang lain dan remaja. Remaja yang nakal akan lebih mudah marah, sakit parah akibat gaya hidup yang tidak sehat, dibenci orang lain, antisosial, suka mengganggu orang lain, bertindak kriminal, mengalami kesulitan dalam pekerjaan.

Interpretasi

Oleh karena itu, penting bagi keluarga dan sekolah untuk melindungi remaja dari hal-hal yang disebabkan oleh pengaruh sosial yang negatif. Perlindungan tersebut dapat berupa memastikan kegiatan positif bagi remaja, seperti menumbuhkan budaya gotong royong, menanamkan nilai-nilai Islam di pesantren, peduli lingkungan, berkendara aman, dll.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Geng Motor

Geng Motor

Pernyataan Umum

Geng motor adalah sekumpulan orang atau kelompok yang mengendarai sepeda motor sebagai pemersatu dan biasanya mengarah pada hal-hal yang negatif. Istilah geng motor selalu memberikan citra buruk yang biasanya identik dengan kejahatan.

Penjelas

Anggota geng motor biasanya adalah anak remaja dan dewasa. Alasan masuknya banyak remaja ke dalam geng motor adalah kurangnya perhatian orang tua. Belakangan ini banyak pemberitaan tentang geng motor yang melanda warga di berbagai daerah. Dan biasanya anak geng motor berkeliaran pada malam hari. Mereka biasanya melakukan sesuatu yang negatif, seperti menusuk orang untuk disingkirkan.

Interpretasi

Meski demikian, aparat bisa memberantas geng motor dengan memperkuat keamanan di Indonesia. Warga juga harus aktif membubarkan diri saat melihat perkumpulan geng motor di jalanan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemacetan

Pernyataan Umum

Kota-kota besar di Indonesia sedang mengalami kemacetan yang parah, apalagi jika kota tersebut tidak memiliki angkutan umum atau umum dan sistem transportasi yang memadai. Tak hanya itu, kemacetan juga bisa disebabkan oleh banyaknya orang atau orang di kawasan yang sangat padat, seperti Ibu Kota Jakarta.

Sebab Akibat

Penyebab kemacetan biasanya adalah terjadi kecelakaan, arus masyarakat terganggu karena orang berhenti untuk melihat kejadian tersebut, atau karena kendaraan yang terlibat kecelakaan tidak dikeluarkan dari jalur sehingga mengakibatkan kemacetan total. Lalu bisa juga karena adanya perbaikan jalan sedang berlangsung. Akibat dari kemacetan adalah aktivitas orang yang terganggu. Contohnya mereka yang ingin terburu-buru, karena adanya kemacetan, jadi terlambat dan menghambat pekerjaan mereka.

Interpretasi

Berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan, namun tetap saja terjadi. Pengemudi harus berhati-hati untuk selalu disiplin dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan juga dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kepadatan Penduduk

Pernyataan Umum

Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang tinggal di suatu negara atau wilayah dalam satuan per kilometer persegi. Kepadatan penduduk ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi dan peningkatan jumlah pemukiman di daerah tersebut. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat setelah Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia selalu meningkat dari tahun ke tahun,  jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 250 juta jiwa.

Sebab Akibat

Masalah kepadatan penduduk ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari remaja hingga remaja, masyarakat berpikiran rendah, pergaulan bebas dan tingginya kriminalitas. Konsekuensi dari kepadatan penduduk adalah meningkatnya kebutuhan akan air bersih dan udara bersih, berkurangnya ketersediaan tanah dan kerusakan lingkungan.

Interpretasi

Kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka mengatasi masalah kependudukan yaitu , Peluncuran Program Keluarga Berencana (KB) sebagai gerakan nasional dengan memperkenalkan tujuan Program Keluarga Berencana melalui pendidikan. Meski program ini cenderung persuasif daripada dipaksakan, program ini dinilai berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Serta upaya pemerintah untuk menurunkan angka pertumbuhan penduduk antara lain meningkatkan pelayanan kesehatan dan permudah untuk menerima Planned Parenthood. Dan mempermudah dan meningkatkan layanan pendidikan guna meredam keinginan menikah.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengangguran adalah ketika orang dewasa tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan formal dan tidak memiliki penghasilan.

Sebab Akibat

Faktor utama penyebabnya adalah perbedaan antara pencari kerja dan peluang kerja. Selain itu, perubahan struktural dalam perekonomian juga berkontribusi pada pengangguran. Perubahan ini juga telah menciptakan kebutuhan akan tenaga kerja dengan tingkat keahlian yang berbeda. Sehingga pencari kerja tidak bisa dipekerjakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibat dari fenomena sosial ini adalah kekacauan sosial, berbagai masalah ekonomi, peningkatan jumlah tunawisma dan potensi kejahatan yang semakin tinggi.

Interpretasi

Masalah yang satu ini perlu segera diatasi. Salah satunya adalah membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan skill yang cukup untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. Masalah ini bisa diselesaikan secara bertahap.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan

Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan situasi sosial dengan atau tanpa pendapatan per kapita rendah yang mendekati nol. Akibatnya dalam kehidupan sehari-hari mereka tidak dapat memenuhi kebutuhannya akan sandang, papan, makanan. Dalam kondisi yang lebih buruk, sering dijumpai masyarakat miskin tidak memiliki cukup ruang untuk tinggal seperti gubuk, kolong jembatan, di tepi sungai. Mereka juga kerap membangun rumah di atas tanah milik negara dan kemudian merelokasi ke kebijakan daerah.

Sebab Akibat

Beberapa faktor penyebab kemiskinan adalah rendahnya pendidikan yang berarti seseorang kurang memiliki keterampilan tertentu yang dibutuhkan dalam hidupnya. Selanjutnya adalah kurangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan banyak orang yang menganggur. Kemiskinan menyebabkan berbagai masalah ekonomi dan sosial. Jadi, jika angka kemiskinan tinggi, pasti akan terjadi kekacauan sosial, peningkatan jumlah tunawisma dan peningkatan potensi kejahatan.

Interpretasi

Penting bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan untuk meminimalisir tingkat kemiskinan yang berdampak negatif bagi negara. Selain itu kita harus bisa menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki. Hal-hal buruk perlu kita singkirkan, dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Cyberbullying

Pernyataan Umum

Cyberbullying adalah ancaman atau serangan seseorang melalui media elektronik seperti internet. Aktivitas bullying pada umumnya hanya terjadi di dunia nyata, namun dengan teknologi yang canggih saat ini, bullying tersebar luas di dunia maya. Cyberbullying adalah fenomena sosial baru yang muncul sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan komunikasi. Hal tersebut dapat diartikan sebagai tindakan merugikan orang lain yang dilakukan dengan sengaja melalui media seluler, komputer atau media elektronik lainnya.

Sebab Akibat

Cyberbullying mengambil bentuk komentar yang mencakup ujaran kebencian di blog, jejaring sosial, email, dan kiriman. Ucapan yang satu ini sengaja dibuat untuk menyinggung perasaan orang lain. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang yang sedang di-bully. Orang yang mengalami bullying ini umumnya akan merasa cemas, khawatir, dan paling buruk, mungkin memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Interpretasi

Kasus cyberbullying ini tidak hanya merugikan, tetapi juga dapat membahayakan kondisi mental korban. Sehingga korban bullying komputer nantinya dapat mengalami gangguan mental dan korban akan kesulitan mengontrol emosinya. Oleh karena itu, kita semua harus bisa mencegah dan menghentikan cyberbullying pada saat yang bersamaan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Narkoba

Pernyataan Umum

Narkoba adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan narkotika dan obat-obatan terlarang. Ada beberapa jenis obat dengan efek samping berbeda. Namun, jelas bahwa jika obat-obatan ini disalahgunakan dan dilakukan oleh orang yang tidak berwenang, maka akan menimbulkan efek samping. Penggunaan narkoba dilarang di negara kita. Banyak pihak juga menentang praktik narkoba oleh pemerintah, aktivis, dan LSM.

Sebab Akibat

Saat ini, ada cara tertentu untuk menyelundupkan narkoba. Ada juga praktik penyelundupan narkoba di penjara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran obat ini masih belum terselesaikan. Semua pihak harus bisa bekerja sama dengan lebih baik untuk meminimalkan dampak dari masalah narkoba. Dimulai dengan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba, pengetatan pengawasan hingga pengambilan tindakan hukum yang tegas.

Interpretasi

Mencegah seseorang terjerumus ke dalam penggunaan narkoba tentu lebih baik daripada merehabilitasinya.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Anak Jalanan

Pernyataan Umum

Jika mendengar istilah anak jalanan, maka kita muncul dengan seorang anak yang tinggal di jalanan dan suka mengemis uang untuk baju merah yang mengingatkan pada anak punk. Tidak hanya anak-anak jalanan ini pada umumnya bekerja dengan menjual makanan, membersihkan mobil merah atau kegiatan lain untuk mencari uang.

Sebab Akibat

Pemerintah telah berusaha keras untuk mencoba menyelesaikan masalah yang satu ini. Misalnya, dari pembubaran hingga rehabilitasi dan pembinaan. Populasi anak jalanan sedikit mengalami penurunan, namun angka ini dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya masalah sosial ini. Kebanyakan dari anak-anak jalanan ini memiliki masalah dalam keluarga atau di rumah yang kita kenal sebagai rumah rusak. Pergaulan dan lingkungan di sekitar mereka juga bisa mempengaruhi. Karena mereka juga tinggal di tempat yang tidak pantas dengan orang-orang yang sejenis (penjahat, pencopet, pengemis dan lain-lain). Sehingga mereka kekurangan pendidikan untuk akhirnya memilih jalan menjadi anak jalanan.

Interpretasi

Memang mengubah budaya, adat istiadat dan kebiasaan akan sangat sulit jika tidak dilakukan secara terus menerus. Bagaimanapun, fenomena sosial seperti ini hanyalah salah satu masalah yang sangat sulit diatasi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kriminalitas

Pernyataan Umum

Kriminalitas merupakan suatu tindakan kejahatan pelanggaran hukum dan norma-norma sosial yang dapat merugikan banyak pihak. Kejahatan yang terjadi dalam tindak kriminal ini bermacam-macam. Dimulai dari tindak kejahatan yang tidak memiliki korban sampai tindak kejahatan yang disusun atau dirancang dengan baik dan terorganisir.

Sebab Akibat

Kriminalitas umumnya terjadi karena rendahnya pendapatan ekonomi sehingga mereka tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan sehari-hari dan berpikir bahwa melakukan salah satu tindakan kejahatan seperti mencuri, membegal, merampok atau sebagainya adalah jalan yang tepat. Lalu adanya rasa dendam dan iri yang membuat seseorang memiliki pemikiran kriminal dan akhirnya melakukan pembunuhan. Penyebab yang paling umum adalah pergaulan bebas yang membuat banyak masyarakat mabuk-mabukan dan memakai narkoba yang hal ini juga merupakan salah satu tindak kriminal yang tidak memakan korban tetapi merugikan diri sendiri. Kriminilatias memiliki dampak yang buruk bagi kesejahteraan sosial diantaranya, banyak warga yang akan merasa terancam dan tidak aman, adanya kerugian berupa materi, rasa kurang percaya terhadap orang lain semakin berkurang karena merasa takut dan menganggap bahwa semua orang yang tidak dikenal merupakan orang yang jahat.

Interpretasi

Untuk mengurangi tingkat kriminalitas yang semakin meningkat, diperlukan berbagai solusi yang bukan hanya melibatkan pemerintah tetapi juga seluruh warga. Hal yang dapat dilakukan diantaranya membuka banyak lapangan kerja sehingga mereka yang pengangguran dapat memiliki pekerjaan dan tidak berpikir lagi untuk melakukan tindak kejahatan. Adanya rasa saling peduli di antara keluarga atau orang lain terhadap kondisi setiap masyarakat disekitar, memberikan perhatian dan pendidikan yang baik bagi anak sejak dini.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Anak Jalanan

Pernyataan Umum

Anak jalanan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak-anak yang tidak memiliki tempat tinggal khusus dan hidupnya hanya di jalanan. Anak jalanan umumnya tidak memiliki keluarga sehingga mereka hidup di tempat yang tidak layak tanpa adanya pengawasan. Mereka juga tidak bersekolah dan tidak melakukan kegiatan yang sesuai dengan anak-anak seusianya.

Sebab Akibat

Penyebab banyaknya anak jalanan biasanya dikarenakan tingkat kemiskinan yang tinggi dan hubungan antara anak dan orang tua yang tidak harmonis sehingga banyak orang tua yang membiarkan bahkan menyuruh anaknya yang dibawah umur untuk pergi mencari uang di jalanan dengan meminta-minta atau mengemis. Banyaknya anak jalanan yang ada di lingkungan kita tentu saja akan menimbulkan berbagai macam masalah sosial contohnya lingkungan yang akan terlihat lebih kumuh atau berantakan, rendahnya tingkat pendidikan anak karena anak yang putus sekolah semakin bertambah dan tidak menutup kemungkinan terjadinya tingkat kriminalitas yang korbannya anak di bawah umur.

Interpretasi

Untuk mengatasi masalah anak jalanan yang semakin meningkat, dibutuhkan peran dari orang tua dan dari masyarakat sekitar. Jika orang tua memiliki masalah ekonomi, ada baiknya mereka berusaha mencari pekerjaan yang layak atau bisa dibicarakan dengan anggota keluarga yang ada agar sekiranya bisa dibantu sehingga menyuruh anak dibawah umur untuk mencari nafkah di jalanan tidak dijadikan sebagai solusi.

Baca juga:

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Tawuran

Pernyataan Umum

Tawuran merupakan aksi atau tindakan perkelahian dari sekumpulan remaja sekolah antar remaja sekolah lainnya. Tawuran biasa terjadi diluar jam sekolah dan sering dilakukan di tengah jalan raya.

Sebab Akibat

Faktor yang menyebabkan terjadinya tawuran contohnya karena adanya hal yang membuat salah satu dari geng tersebut marah atau dendam terhadap geng remaja yang lainnya sehingga mereka memutuskan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan perkelahian massal atau tawuran. Alasan lainnya yaitu mereka memang sudah sengaja merencanakan tawuran ini semata-mata hanya untuk mendapat pengakuan mana yang lebih hebat. Tawuran merupakan salah satu tindakan yang mengganggu kesejahteraan sosial karena merusak fasilitas umum, mengganggu ketenangan warga sekitar tempat terjadinya tawuran, banyak yang luka-luka dan fatalnya bisa menimbulkan korban jiwa.

Interpretasi

Untuk menghindari permasalahan sosial ini, sangat diperlukannya peran sekolah bahkan orang tua untuk mendidik anaknya dengan lebih baik. Contoh hal yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah yaitu mewajibkan setiap siswanya mengikuti minimal 1 kegiatan ekstrakurikuler biasanya diadakan setelah pulang sekolah sehingga siswanya dapat menyibukkan dirinya di sekolah dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Orang tua juga perlu untuk membagi waktu mereka sehingga memiliki waktu khusus untuk saling bercerita dengan anaknya sehingga mereka sendiri bisa mengetahui perkembangan anaknya dengan baik.

Itu dia kumpulan contoh teks eksplanasi sosial singkat beserta strukturnya lengkap.

Tinggalkan komentar