Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 60

Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 60 – Hai teman-teman! Hari ini, kita akan belajar bersama tentang mengerjakan soal pengurangan. Pembahasan soal ini diambil dari materi yang terdapat pada buku Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I Kurikulum Merdeka.

Pahami Konsep Pengurangan

Pertama-tama, mari kita pahami apa itu pengurangan. Pengurangan terjadi ketika kita mengambil beberapa benda dari totalnya. Misalnya, jika ada 5 apel dan kita mengambil 2 apel, berapa yang tersisa? Jawabannya adalah 3! Itu artinya kita telah melakukan pengurangan.

Gunakan Benda-Benda Nyata

Agar lebih mudah memahami pengurangan, kita bisa menggunakan benda-benda di sekitar kita. Misalnya, kita memiliki 7 permen dan kita ingin memberikan 3 permen kepada teman kita. Berapa permen yang akan tersisa untuk kita? Itu benar, tinggal 4 permen lagi!

Gunakan Gambar atau Kartu Angka

Kita juga bisa menggunakan gambar atau kartu angka untuk membantu kita memahami pengurangan. Misalnya, jika ada gambar 6 buah bunga, dan kita menghapus 2 bunga, berapa bunga yang tersisa di gambar tersebut? Kita tinggal hitung saja, bukan? Jadi, tersisa 4 buah gambar bunga!

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 58

Bermain Permainan Matematika

Selain mengerjakan soal-soal, kita juga bisa bermain permainan matematika yang menyenangkan. Misalnya, bermain “Tangkap Pengurangan” di mana kita mencoba menangkap jawaban pengurangan yang benar secepat mungkin!

Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 60 : Pengurangan dengan 0

Soal

Pengurangan dengan 0

1. Berapa banyak ikan yang tersisa?

Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 60

2. Ayo temukan jawabannya.

7 − 7

4 − 4

5 − 5

9 − 9

8 − 0

1 − 0

6 − 0

0 − 0

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 57

Jawaban:

1. Pengurangan

a. 3 – 2 = 1

b. 3 – 3 = 0

c. 3 – 0 = 3

2. Pengurangan

7 − 7 = 0

4 − 4 = 0

5 − 5 = 0

9 − 9 = 0

8 − 0 = 8

1 − 0 = 1

6 − 0 = 6

0 − 0 = 0

Kesimpulan

Dengan cara-cara di atas, kita bisa belajar mengerjakan soal pengurangan dengan mudah dan menyenangkan! Jadi, jangan ragu untuk terus berlatih dan menjadikan matematika sebagai teman yang menyenangkan di sekolah. Selamat belajar!

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Halaman 56

Disclaimer : Pembahasan mengenai jawaban di atas merupakan panduan yang dapat digunakan dalam belajar, bukan jawaban yang mutlak akan tetapi bersifat terbuka dan masih dapat dikembangkan.

Tinggalkan komentar