Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 Kelas IV

Daftar Isi:

Sudutpintar.com, Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4– Buku tematik terpadu K13 revisi tahun 2017 kelas IV Tema 4 ini berjudul Berbagai pekerjaan. Subtema 1 dari buku ini berjudul Jenis Jenis Pekerjaan.

Pengetahuan apa saja yang harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja? Apa yang akan terjadi jika mereka tidak memiliki nilai-nilai itu?

Pada pembelajaran 4 ini terdapat beberapa pertanyaan yang harus di jawab oleh siswa. Untuk membantu orang tua dan siswa dalam mengerjakan pertanyaan tersebut dengan tepat, kami akan memberikan Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 yang terdapat pada pembelajaran 4 halaman 28 – 36.

Nah, adek-adek bisa menjadikan Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 ini sebagai pedoman dalam mengerjakan tugas-tugas latihannya.

Namun adek-adek perlu ingat Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 hanya sebagai pedoman dan bisa adek-adek bandingkan dengan jawaban adek-adek sendiri.

Berikut Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4:

Yuk simak Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 dibawah ini.  Kami telah menyediakan Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 yang dapat membantu adek-adek untuk belajar.

Silahkan baca sampai habis ya pembahasan Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 ini. Karena Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4  kami sediakan untuk adek-adek yang sedang mencari sumber untuk mengerjakan tugasnya.

Halaman 28

Ayo Membaca

Saat seseorang bekerja mereka harus mempunyai nilai-nilai yang baik. Jujur dan kerja keras adalah nilai yang harus dimiliki. Apa yang dimaksud jujur? Apa contohnya? Ayo, simak cerpen berikut!

Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur

Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.

Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.

Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.

Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.

Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.

Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi. “Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.

Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah. Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.

Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.

“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.

“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa” kata Gugut. Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur. Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.

Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekedar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.

Berdasarkan cerita di atas jawablah pertanyaan berikut.

  1. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?

Jawab: Aku, Ida, Gugut, Bu Tati, dan Teman yang lainnya.

  1. Siapa yang mengikuti ulangan Matematika?

Jawab: Aku, Ida, Gugut, dan Teman yang lain.

  1. Apa yang dilakukan oleh Gugut pada saat ulangan? 

Jawab: Gugut berusaha mencontek dari Ida.

  1. Apa yang dilakukan oleh Ida ketika Gugut meminta jawaban? 

Jawab:  Ida tidak memberikan jawaban yang diminta Gugut.

  1. Mengapa Ida melakukan hal itu? 

Jawab: Menurut ida memberikan contekan saat ulangan merupakan perbuatan tidak jujur.

  1. Hal-hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas?

Jawab: Ketika melaksanakan ulangan kita harus jujur dan berusaha sendiri mengerjakan ulangan.

Halaman 31

Ayo Berdiskusi

  1. Apakah menurutmu sikap Ida sesuai dengan makna sila pertama Pancasila. Jelaskan?.

Jawab: Ya. kita harus jujur. Jujur sangat penting untuk dilakukan dan apabila kita tidak jujur akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

  1. Apakah menurutmu sikap Gugut sesuai dengan makna sila pertama Pancasila. Jelaskan?

Jawab: Sikap gugut mencontek pada saat ulangan menunjukan bahwa dia tidak jujur. Tidak jujur tidak sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

Andai Ida memberikan contekan. Apa yang akan terjadi? 

Jawab: Idan dan Gugut sama-sama berlaku tidak jujur dalam ulangan.

Apa dampaknya bagi Gugut? 

Jawab: apabila mencontek, maka Gugut sudah bersikap tidak jujur. Selain itu ia tidak mau berusaha sendiri.

Apa dampaknya bagi Ida? 

Jawab: apabila Ida memberikan contekan maka Ida juga bersikap tidak jujur.

Apa dampaknya bagi guru yang mengajar? 

Jawab: salah satu cara guru untuk mengukur pemahaman siswa adalah dengan mengadakan ulangan. Jika saling mencontek maka tujuan dari diadakannya ulangan tidak tercapai.

  1. Mengapa kita harus jujur? 

Jawab: Kejujuran merupakan sikap terpuji yang harus dimiliki. Sekali kita tidak jujur maka kedepannya juga akan tidak jujur. Selain itu tidak jujur sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

  1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak jujur? 

Jawab: Apabila kita tidak jujur berarti kita sudah melakukan korupsi kecil-kecilan. Apabila kita tidak jujur maka teman tidak akan percaya lagi dengan kita

Sila pertama mengajarkan bahwa pemeluk agama harus taat dengan aturan agamanya. Setiap agama pasti mengajarkan pemeluknya untuk berbuat jujur. Ketika kita tidak jujur, akan membawa dampak bagi diri kita dan orang lain.

Semua orang harus jujur, termasuk orang-orang yang bekerja. Benar kata Ida mungkin ketika sekolah tindakan tidak jujur adalah mencontek, ketika sudah bekerja tindakan tidak jujur bisa korupsi (mengambil hal yang bukan miliknya) .

Halaman 33

Ayo Mencoba

Pak Budi bekerja sebagai tukang taman. Suatu hari, Pak Budi mendapat pekerjaan untuk menanam pohon palem mengelilingi taman. Taman berbentuk persegi dengan sisi 20 m. Pak Budi menanam pohon palem dengan jarak 2 meter setiap pohon. Harga satu pohon adalah Rp50.000,00. Pak Budi menghitung semua biaya dengan jujur. Ia tidak berpikir untuk melebih-lebihkan biaya. Coba kita bantu pak Budi ya.

Keliling, Apa itu keliling? Kita akan melakukan percobaan berikut sebelum kamu menyelesaikan masalah di atas. Amati persegi berikut!

Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm!

Tutuplah salah satu sisi persegi dengan persegi satuan!

  1. Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang salah satu sisi persegi?

Jawab: ada 6 buah persegi.

  1. Tutuplah sisi persegi yang berdekatan dengan persegi satuan! Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang sisi yang berdekatan?

Jawab: ada 6 buah persegi

  1. Bagimana hubungan antara panjang salah satu sisi dengan jumlah panjang seluruh sisi persegi?

Jawab: panjang antara salah satu sisi persegi sama panjang dengan sisi lainnya.

  1. Jika jumlah panjang seluruh sisi yang membatasi persegi disebut keliling, apa yang bisa kamu simpulkan tentang keliling persegi? Panjang sisi persegi kita dinamakan S. Keliling dinamakan K. Tulislah rumus keliling persegi!

Jawab: untuk menghitung keliling persegi kita perlu menjumlahkan seluruh sisi.

             karena persegi mempunyai 4 buah sisi maka:

             K = S + S + S + S + S = 4 x S

Ya, jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut.

 

Halaman 35

Ayo Berlatih

  1. Sebuah persegi mempunyai sisi 8 cm. Hitunglah kelilingnya!

Jawab: S = 8 cm

K =  4 x S = 4 x 8 cm = 32 cm

  1. Sebuah persegi mempunyai keliling 36 cm. Berapakah panjang sisinya?

Jawab: K = 36 cm

             Maka S = K / 4 = 36 cm / 4 = 9 cm

  1. Luas sebuah persegi 16 cm2. Hitunglah keliling persegi!

Jawab:  L = 16 cm2, maka S = √16 = 4 cm

              K = 4 x S = 4 x 4 cm = 16 cm

  1. Keliling sebuah persegi adalah 64 cm. Hitunglah luas persegi!

Jawab: K = 64 cm, maka S = K/ 4 = 64 cm/ 4 =  16 cm

 L = S x S = 16 cm x 16 cm = 256 cm2

Demikian pembahasan lengkap dan Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 yang dapat kalian pilih. Terima kasih sudah singgah, semoga Kunci Jawaban Tema 4 Subtema 1 PB 4 bermanfaat bagi para pembaca terutama orang tua dan pelajar. Selamat Belajar

Tinggalkan komentar