Struktur Proposal

Proposal –¬†Proposal yakni suatu skema yang disajikan dalam bentuk berupa tulisan lalu ditafsirkan secara terperinci dan sistematis. Biasanya proposal digunakan sebagai titik acuan dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Kegiatannya meliputi acara-acara besar.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Proposal merupakan sebuah bentuk rencana kegiatan yang ditulis dalam bentuk formal juga memiliki standar yang dapat dinyatakan sebagai dokumen tertulis. Dari mahasiswa hingga wirausahawan membutuhkan proposal baik internal maupun internal, untuk menjalankan acara mereka.

Pada saat ini untuk menyusun sebuah proposal dapat dibuat sebagai media komunikasi. Satu hal yang penting bagi wirausahawan adalah menjelaskan tentang profil bisnis dan usahanya setelah itu dideskripsikan.

Mendeskripsikan usaha pun harus secara rinci dimulai dari proyek yang akan dijalani, yakni pemasaran, pengembangan juga penelitiannya. Tak lupa beberapa risiko juga masalah finansial hingga penjadwalan waktu.

Sebegitu pentingnya proposal bagi wirausahawan maka dari itu hendaknya penyusunan proposal usaha harus dibuat oleh tangan wirausahawan itu sendiri bukan hanya sekedar menyalin proposal usaha yang telah dibuat oleh orang lain.

Sasaran dan strategi merupakan inti dari proposal yang di mana, sasaran adalah suatu hal yang akan dicapai suatu perusahaan, lalu strategi adalah tujuan dari tindakan untuk mencapai sasaran usaha. Itulah pengertian proposal.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Mereka yang telah ahli dalam bidangnya seperti proposal akan menyampaikan pendapat dari sudut pandang mereka seperti berikut ini:

1. Riefky

Sebuah rancangan kegiatan yang ditampilkan dalam bentuk standar dan formal adalah proposal. Pada penulisannya memiliki beberapa langkah penggabungan dari berbagai perancangan yang telah ditulis dari tahap-tahap sebelumnya.

2. Hadi

Proposal merupakan sebuah usulan yang terperinci untuk agenda kerja sama bisnis antar lembaga, usulan kegiatan hingga pemecahan masalah.

3. Keraf

Beberapa permintaan atau saran yang ditulis secara terstruktur lalu diajukan kepada seseorang atau suatu badan untuk melakukan atau mengerjakan pekerjaan sesuai dengan apa yang telah diajukan.

4. Jay

Sebuah alat bantu manajemen standar supaya manajemen organisasi bisa berfungsi secara efisien dan efektif seperti semestinya.

5. Hasnun Anwar

Proposal adalah sebuah rencana yang telah diperinci untuk kegiatan khusus.

6. KBBI

Pengertian proposal menurut KBBI adalah sebuah rencana yang ditampilkan sebagai bentuk rencana kerja, yang di mana perencanaan pun dirancang secara sistematis, teliti dan matang oleh seorang peneliti sebelum melakukan penelitian, baik terjun langsung atau lapangan (field research) maupun melalui perpustakaan (library research).

Struktur Teks Proposal

Struktur Proposal

Struktur proposal kegiatan terdiri dari 7 hal yang mencakup hal penting yang seharusnya ada di proposal seperti:

1. Sampul

Proposal kegiatan sangat diwajibkan untuk memiliki sampul dan memakai sebuah logo kegiatan atau logo organisasi. Nama kegiatan pun termasuk ke dalam sampul dan di bagian bawah sampul ditulis instansi pelaksana kegiatan.

2. Latar Belakang

Tak sembarangan saat menulis latar belakang, tapi juga latar belakang diawali dari hal yang berupa umum lalu ke hal yang bersifat khusus. Hal tersebut harus digaris bawahi.

3. Nama kegiatan

Nama kegiatan maksudnya adalah nama yang akan kamu laksanakan pada kegiatan tersebut.

4. Tema

Tema kegiatan yang disajikan sesuai dengan tema yang telah disetujui secara bersama atau kamu juga bisa mengambil tema sebelumnya.

5. Tujuan

Sebuah target dilakukannya kegiatan dan mencakup alasan sebuah kegiatan yakni tujuan

6. Jenis Kegiatan / Acara Kegiatan

Model dari keseluruhan kegiatan harus disajikan sesuai dengan instansi-instansi yang akan memandang jumlah dari banyaknya kegiatan yang telah direncanakan. Beberapa kegiatan harus dijabarkan sesuai dengan tujuan dan maksudnya.

7. Sarana Promosi

Sebuah keuntungan dari beberapa sponsor. Sarana promosi seperti pakaian, pamflet, brosur, audio, spanduk dan hitungan dari persenan sponsor. Besar persen ditentukan oleh berapa besar atau kecilnya sebuah sponsor.

8. Anggaran

Sebuah kuantitas alokasi seluruh dana yang dipakai. Ditulis sesuai dengan detail harga. Mulai dari administrasi, konsumsi, plakat, piala, sound dan lain sebagainya. Estimasi anggaran ialah hal penting yang utama dikontrol oleh instansi.

9. Penutup

Penutup merupakan permohonan terima kasih sekalian dengan permintaan maaf pada instansi tertentu. Tanda tangan dan stempel mesti tersedia sesuai dengan hal-hal yang telah didasari dengan proposal terhadap stempel dan tanda tangan.

10. Kepanitiaan

Struktur proposal penelitian juga menyangkut dengan susunan kepanitiaan mesti ada sebab sponsor akan menghitung fasilitas yang akan dikeluarkan sesuai jumlah kepanitiaan.

Setelah mengetahui struktur proposal, kamu juga harus paham tujuan dibuatnya sebuah proposal, berikut penjelasannya.

Tujuan Proposal

Tujuan Proposal

Pada umumnya tujuan proposal ialah untuk mendapatkan sebuah ijin atau persetujuan dari suatu pihak menyangkut dengan rancangan yang akan dilaksanakan. Selain itu proposal juga bertujuan untuk:

1. Untuk Mendapatkan Dana

Pada tujuan satu ini tentu saja dibutuhkan untuk sebuah penelitian, tujuan proposal penelitian memang membutuhkan dana dari instansi yang dituju

2. Memperoleh Perizinan

Terlaksananya suatu acara pasti memerlukan perizinan khusus dari pihak terkait dengan proposal. Tujuan pembuatan proposal yang satu ini juga penting bagi keberlangsungan acara.

3. Mendapatkan Dukungan

Mendapat sebuah dukungan artinya adalah mendapat segala restu dari pihak yang bersangkutan bukan hanya itu sponsor juga terlibat dalam hal pendukung dari suatu acara yang didasari dari sebuah proposal.

Fungsi Proposal

Fungsi Proposal

Seperti modul lainnya, modul sekelas proposal ini memiliki fungsi tersendiri yang disusun secara rapi, agar memiliki tujuan yang jelas, berikut fungsi proposal.

  • Dapat dipakai untuk menyodorkan pembangunan sebuah usaha
  • Untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, budaya dan lain sebagainya.
  • Dapat dipakai untuk mempersiapkan segala acara kegiatan. Seperti, seminar, pelatihan, perlombaan dan lain-lain
  • Terakhir juga dapat sebagai tender untuk diajukan ke berbagai macam lembaga.

Unsur-Unsur Proposal

Unsur-Unsur Proposal

Unsur merupakan dasar yang membangun suatu hal seperti proposal. Unsur proposal terdiri dari:

1. Latar Belakang Masalah

Dijelaskan bahwa ada kontradiksi antara kenyataan dan harapan, baik suatu kontradiksi praktis dan teoritis yang mendasari masalah yang diamati. Selain itu, dijelaskan secara ringkas tentang teori, hasil yang telah diteliti, kesimpulan lalu diskusi ilmiah maupun pribadi yang terkait erat dengan masalah yang diteliti.

2. Rumusan Masalah

Rumusan yang baik biasanya disusun dengan jelas, singkat, padat dan disajikan dalam bentuk kalimat tanya. Rumusan masalah yang bagus juga menunjukkan beberapa variabel yang dapat diuji secara empiris dan dapat diteliti. Pertanyaan yang ditampakkan bersifat tersurat.

3. Tujuan Penelitian

Sasaran yang ingin dituju pada sebuah penelitian merupakan sebuah tujuan. Tujuan penelitian menunjuk pada rumusan penelitian juga berbentuk pertanyaan.

4. Hipotesis

Agar sebuah kemungkinan jawaban lebih jelas maka hipotesis yang diberikan pun berupa jawaban sementara terhadap sebuah masalah penelitian supaya hubungan antara masalah yang diteliti.

Rumusan hipotesis yang baik seharusnya : dirancang secara jelas, padat, dan singkat, dapat diuji secara empiris, disajikan dalam suatu bentuk pernyataan, dan menyatakan tautan antara dua variabel atau lebih.

5. Asumsi Penelitian

Sebuah hal yang dijadikan pedoman untuk bertindak dan berpikir dalam melaksanakan penelitian sesuai pandangan dasar suatu hal merupakan asumsi penelitian. Pada hal ini tak perlu dinyatakan kebenarannya, namun bisa langsung memanfaatkan hasil penelitian yang didapat dari orang lain melalui karya tulisnya.

6. Manfaat Penelitian

Sebegitu pentingnya sebuah penelitian bagi proposal terutama untuk pelaksanaan pembangunan dan pengembangan ilmu dalam arti luas, hal ini telah ditunjukkan oleh manfaat penelitian. Bisa dikatakan, bagian ini berisi alasan layak atau tidaknya sebuah masalah yang diteliti.

7. Ruang Lingkup

Terbatasnya ruang lingkup juga mempengaruhi kinerja pengkajian proposal. Dan hal ini memaksa suatu proposal melakukan beberapa alasan proposal, teknik penelitian ataupun karena alasan logistik.

Keterbatasan penelitian disebabkan oleh perkara yang terdapat dari tradisi, adat, etika juga kepercayaan yang tak memungkinkan peneliti mencari data yang dibutuhkan.

Kajian pustaka bisa dimanfaatkan jika ruang lingkup memang tak memungkinkan untuk didapatkan.

8. Definisi Operasional

Definisi yang ditafsirkan sesuai hal yang telah diamati oleh peneliti. Hal yang dibutuhkan terutama untuk beberapa istilah yang berhubungan dengan hal-hal pokok dalam penelitian untuk terhindar dari perbedaan persepsi, definisi operasional bukanlah definisi yang didasari oleh kamus atau pendapat para ahli.

Baca juga:

Video Pembelajaran Struktur Proposal

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian, struktur, tujuan, fungsi, dan unsur proposal lengkap. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca di Sudut Pintar.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Proposal

Tinggalkan komentar