Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Ada banyak contoh teks eksplanasi, ada yang membahas mengenai isu soaial, pengetahuan, bencana alam, fenomena alam, dan lainnya. Pada hari ini Sudut Pintar akan memberikan contoh teks eksplanasi budaya lengkap beserta strukturnya.

Berikut kumpulan contoh teks eksplanasi budaya.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya

Berikut ini adalah kumpulan contoh teks eksplanasi budaya yang berisi seputar penjelasan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Rumah Gadang

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum

Rumah Gadang merupakan rumah adat Minangkabau, Sumatera Barat. Rumah ini juga terkadang disebut sebagai Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Rumah Gadang memiliki ketentuan tersendiri. Misalnya, jumlah kamar, yang bergantung pada jumlah perempuan yang tinggal di sana. Rumah Gadang biasanya dibangun di atas tanah milik keluarga orang tua dari suku atau suku tertentu, dan dimiliki serta diwariskan hanya oleh dan untuk perempuan dalam kelompok tersebut.

Penjelas

Bentuk arsitektur bangunan Rumah Gadang berupa balok yang memanjang ke atas dan mengecil ke bawah. Garis melintang bangunan Rumah Gadang berkelok-kelok tajam di dua ujungnya, menyerupai tanduk kerbau. Bentuk seperti sudut adalah simbol kemenangan. Bentuk atapnya yang melengkung dan menghadap ke atas disebut gonjong. Karena atapnya yang memanjang, Rumah Gadang disebut juga Rumah Bagonjong. Atap rumah Gadang biasanya terbuat dari ijuk yang bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Interpretasi

Rumah Gadang dimiliki bersama oleh masyarakat, sehingga tanah yang digunakan adalah tanah marga tempat tanah marga berada. Tergantung dari arsitektur bangunan yang dapat dibangun, seperti rumah Gadang dengan empat lapis atau lebih, hanya dapat dibangun di desa yang berstatus Nagari atau Koto, karena luas permukimannya hanya bisa dua kali lipat- dilipat dan tidak diperbolehkan untuk membangun ubin Rumah.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Budaya Tari

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Budaya Tari

Pernyataan Umum

Tari adalah gerakan yang dilakukan secara individu atau kelompok selama acara kesenian. Namun budaya tari tradisional berbeda dengan tari biasa. Budaya tari tradisional tidak dimulai dengan sesuatu yang tidak terpikirkan. Biasanya setiap daerah atau suku memiliki tarian tradisionalnya masing-masing.

Penjelasan

Biasanya tarian budaya ini dilakukan untuk merayakan atau mengenang sesuatu. Hadiri acara budaya, etnis, atau acara penting lainnya. Salah satu contohnya adalah Tari Saman yang berasal dari Suku Gayo. Tarian di Saman dilakukan untuk merayakan acara penting. Biasanya tarian Saman juga digunakan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Interpretasi

Tarian daerah sama dengan budaya daerah lainnya. Itu harus dijaga dan diwariskan kepada generasi mendatang agar tidak lekang oleh waktu.

Contoh Teks Eksplanasi Perubahan Budaya

Pernyataan Umum

Budaya adalah gaya hidup yang dikembangkan dan dimiliki oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Karenanya, satu daerah demi satu memiliki budaya yang berbeda. Masa lalu dan sekarang juga berdampak besar terhadap budaya yang ada di suatu daerah. Sebagai sebuah kelompok, prestasi budaya dibagi menjadi tiga jenis: keyakinan, pengetahuan, dan estetika.

Penjelas

Orang secara langsung atau tidak langsung terhubung antar daerah. Saat ini, perkembangan teknologi memudahkan untuk mempengaruhi satu budaya demi budaya. Orang berkembang dan mengarah pada perubahan gaya hidup, kebutuhan, dll. Yang mempengaruhi perubahan budaya. Perubahan lingkungan sangat ekstrim. Oleh karena itu tidak mungkin untuk tidak merubah budaya, dan wacana tentang pelestarian budaya hanya berlangsung dalam bentuk wacana simbolik. Karena orang pasti bahkan tidak bisa menjalani cara hidup lama. Namun perlu diperhatikan bahwa budaya lama tetap menjadi indikasi lahirnya budaya baru sehingga budaya baru tersebut dapat disebut sebagai modifikasi dari budaya lama.

Interpretasi

Oleh karena itu, perubahan budaya tidak selalu buruk, meskipun sangat disayangkan bahwa beberapa hal telah hilang dalam budaya kuno. Di satu sisi, hilangnya budaya kuno sangat disayangkan. Di sisi lain, manusia tidak bisa eksis hanya di satu titik.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Saman

Pernyataan Umum

Tari Saman merupakan tarian adat yang berasal dari Aceh. Tarian ini berasal dari Dataran Tinggi Gayo dan diciptakan oleh ulama Aceh Syekh Saman di XIV seabad Masehi.

Penjelas

Awalnya Tari Saman merupakan tarian yang dikhususkan sebagai media dakwah. Sebelum menampilkan tarian ini, pemuka adat akan menasehati para pemain dan penonton. Selain itu, pertunjukan tari ini sarat dengan ayat suka dan dakwah yang dinyanyikan dalam bahasa Arab dan Geisha. Pada awal kemunculannya, Tari Saman merupakan tarian sakral yang dilakukan hanya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekarang tarian ini telah menjadi tarian resmi, yang biasanya menandai penyambutan tamu penting antara kabupaten dan tamu negara pada pembukaan festival dan upacara kenegaraan lainnya. Tarian ini hanya dapat merepresentasikan keindahan gerakan tanpa tepuk tangan penarinya, sedangkan tanpa musik pengiring akan mempengaruhi dada dan kelemahan dengan gerakan melempar tubuh ke berbagai arah.

Interpretasi

Umumnya tarian ini dimainkan atau ditampilkan oleh belasan atau puluhan laki-laki. Gerakan tari juga dipimpin oleh seorang laki-laki yang biasa disebut syekh. Selain menjadi koreografer, seorang syeikh juga bertugas untuk menyanyikan lagu yang digunakan dalam Tarian Saman tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Mamanda

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Mamanda

Pernyataan Umum

Mamanda adalah seni pertunjukan atau teater yang berasal dari Banjar di Kalimantan Selatan. Istilah mamanda berasal dari kata “mama” yang artinya paman, dan “nda” yang artinya kehormatan. Kalau digabung artinya paman kehormatan. Kata paman merupakan sapaan dalam sistem kekerabatan Banjar. Mamanda memiliki konsep yang mirip dengan kesenian Lenong dari Betawi dan juga kesenian Ketoprak dari Jawa Tengah, yaitu terjalinnya komunikasi antara pemain dengan penonton.

Penjelas

Dalam pertunjukannya Mamanda menggunakan dekorasi pemandangan yang realistis seperti hutan, pantai, kerajaan, dll., Tergantung pada kondisi komunitas yang akan didirikan. Jika keadaan pemerintahan akan dikritik, Mamanda akan menggunakan penghargaan khas kerajaan. Hal yang sama berlaku untuk menghadirkan karakter. Mamanda selalu menjadi tokoh konstan yaitu Raja, Mangkubumi, Wazir, Perdana Menteri, panglima perang, Harapan I dan Harapan II, Khadam / Badut dan Sandut / Putri, karena cerita yang diceritakan di sini masih tentang kerajaan. Ada dua arus dalam kesenian Mamanda, yaitu Batang Banyu, aliran yang berasal dari Margasari yang merupakan cikal bakal kesenian Mamanda disebut Batang Banyu, karena dipraktekkan di perairan atau sungai, Sekte Tubau yang lahir pada tahun 1937 berasal dari desa Tubau Rantau. Sungai Tubau merupakan pengembangan baru dari Mamanda yang sangat terkenal saat ini. Dia tidak banyak menggunakan musik dalam pertunjukan, tapi dia lebih menyukai isi ceritanya. Aliran ini disebut juga Mamanda
Batu Bau karena diangkut di darat.

Interpretasi

Keunikan yang ada pada kesenian Mamanda masih tetap terjaga, meski justru mengarah pada kesenian yang lebih populer dalam perkembangannya. Kesenian Mamanda sangat populer di kalangan masyarakat Kalimantan Selatan. Itu bahkan muncul di televisi swasta. Namun pada saat ini, seni Mamanda menjadi yang terdepan dalam masyarakat. Mungkin perlu beradaptasi dengan kondisi kontemporer agar kesenian Mamanda dapat bertahan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Piring

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Piring

Pernyataan Umum

Tari Piring merupakan tarian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Tari piring merupakan tarian yang memang menggunakan piring dan berarti tarian syukur atas hasil panen yang melimpah dan segala hadiah untuk para dewa. Beberapa hidangan juga disajikan sebagai menu.

Penjelas

Tarian piring selalu menjadi ajang promosi dan wisata budaya di Indonesia. Menariknya, para penari mengayunkan piring-piring di tangannya dengan gerakan cepat dan teratur tanpa meninggalkan pegangan. Tari piring biasanya dilakukan dengan penempatan dua piring di telapak tangan. Para penari mengayunkan piring dengan gerakan cepat, yang bergantian dengan dentingan satu atau dua cincin di jari penari ke piring yang dibawa. Di akhir tarian, piring yang dikenakan para penari biasanya akan dilempar ke lantai. Mereka juga menari di atas piring pecah-pecah.

Interpretasi

Seiring berjalannya waktu, tarian ini menyebar ke berbagai daerah lain di Sumatera Barat setelah penyebaran budaya Minangkabau. Bahkan tari piring tersebut sudah terkenal sampai ke Malaysia dan Singapura.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Angklung

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Angklung

Pernyataan Umum

Angklung merupakan alat musik tradisional yang banyak berkembang di daratan Sunda (Jawa Barat). Alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan dengan cara diguncang atau dikocok. Kata angklung berasal dari bahasa Sunda, khususnya “angkleung-angkleungan”, yang menggambarkan gerakan tubuh pemain angklung yang bergerak mengikuti irama. Ada juga yang mengatakan bahwa kata angklung berasal dari bunyi klung yang berasal dari angklung tersebut saat dimainkan.

Penjelas

Memainkan alat musik ini pada dasarnya sangat mudah, memegang kerangka angklung dengan satu tangan dan menggoyangkan bagian bawah angklung dengan tangan lainnya untuk mengeluarkan bunyi. Tiga teknik dasar yang digunakan saat bermain, yaitu kulurung (getaran), sentakan (sentakan) dan tengkep (getaran salah satu tabung sambil menahan tabung lainnya agar tidak bergetar).

Setiap pemusik akan membagikan satu hingga empat angklung dengan nada yang berbeda. Kemudian konduktor menyiapkan partitur untuk lagu tersebut dengan senar not yang akan dimainkan. Konduktor memberi isyarat dan setiap musisi harus memainkan angklung-nya persis sesuai dengan nada dan lama ketukan yang diminta oleh konduktor.

Interpretasi

Alat musik angklung telah menjadi salah satu alat musik tradisional yang dibanggakan masyarakat Jawa Barat. Tak hanya itu, seni angklung ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, bahkan berkolaborasi dengan berbagai alat musik tradisional dan budaya dari daerah dan negara lain.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Keris

Pernyataan Umum

Keris adalah senjata yang berasal dari Pulau Jawa dan digunakan antara abad ke-9 dan ke-14. Senjata ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu mata, kepala dan sarungnya. Dengan Keris, orang Melayu sering dikaitkan dengan kekuatan mistik pada zaman dahulu. Antara lain, ada kepercayaan bahwa keris memiliki semangat tersendiri.

Penjelas

Fungsi utama keris adalah sebagai alat untuk bertahan dari serangan musuh dan hewan atau untuk membunuh musuh. Namun kemudian fungsi senjata tajam berubah, seperti pusaka keris atau salinan turun temurun. Di masa damai, terkadang orang memakai keris hanya sebagai pelengkap dalam upacara mendandani kedua mempelai. Kemudian keris itu dihiasi dengan intan atau intan di bagian bawah keris. Sarung logam juga diukir dengan sangat indah dan dipuji oleh kebanggaan pemakainya akan kilau berlapis emas. Namun kemudian keris menjadi komoditas perdagangan yang bernilai jual tinggi.

Interpretasi

Asal usul keris masih cukup menjadi teka-teki. Keris merupakan salah satu benda tajam yang diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Kecak

Pernyataan Umum

Tari Kecak adalah seni tari yang berasal dari Bali. Seni tari ini terkadang dibawakan oleh puluhan penari yang duduk berbaris membentuk pola melingkar dan melantunkan “cak, cak, cak!” dengan irama tertentu dan mengangkat kedua tangan.

Penjelas

Tarian ini biasanya dibawakan oleh puluhan pria bertelanjang dada yang mengenakan kain kotak-kotak perkotaan mulai dari pinggang hingga lutut bagian atas. Tari Kecak pertama kali diperkenalkan di beberapa desa, salah satunya Desa Bona, Gianyar. Namun sudah berkembang hingga ke seluruh wilayah Bali dan selalu dihadirkan pada kegiatan-kegiatan seperti festival pemerintah maupun swasta.

Tari kecak disebut juga rangang sanghyang. Dalam tarian ini dimungkinkan untuk melihat beberapa ciri yaitu bara api, bunga kamboja, gelang gemerincing, selendang hitam putih, topeng dan kado, karenanya tari kecak terkesan lebih sakral dan mistis.

Interpretasi

Menonton tari Kecak dimungkinkan di beberapa tempat. Salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu dan juga Garuda Wisnu Kencana. Selama pandemi ini, tarian kecak sedikit berbeda. Penari menggunakan APD dan juga diharuskan menjaga jarak yang cukup dari penonton untuk mencegah virus corona.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Lagu Jali-Jali

Pernyataan Umum

Lagu jali-jali merupakan salah satu musik dan lagu yang berasal dari betawi. Konon asal usulnya lahir, dikembangkan oleh orang Tionghoa kelahiran Jakarta melalui musik tradisional gambang kromong, yang kemudian menjadi musik Betawi.

Penjelas

Lagu jali-jali dipopulerkan oleh M. Sagi yang merupakan pimpinan Orkes M. Sagi Kerontjong tahun 1942, karena sarat dengan budaya Betawi, lagu jali-jali kemudian menjadi lagu daerah Betawi. Di tahun yang sama, bagian pembuka lagu ini dibawakan secara bergantian antara perempuan dan laki-laki.

Interpretasi

Seperti kebanyakan lagu Betawi, lirik jali-jali merupakan pantun yang dipadukan dengan nada-nada ceria dan musik yang berfungsi untuk menenangkan hati yang sedih atau sedih. Jadi pada setiap bait, baris pertama dan kedua hanya sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat adalah pesan yang akan disampaikan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Gamelan

Pernyataan Umum

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang berskala pentatonik dengan sistem tangga nada slendro dan pelog (laras). Biasanya terdiri dari instrumen perkusi yang digunakan dalam seni musik. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa, gamel yang artinya “memukul” atau “mengalahkan”, bisa merujuk pada jenis palu yang digunakan untuk memukul suatu alat musik, diikuti dengan penutup yang menjadikannya kata benda.

Penjelas

Gamelan biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian seperti wayang kulit dan pertunjukan tari. Hingga saat ini, gamelan bisa dibiarkan saja sebagai alat musik pertunjukan yang banyak diminati. Dan lagi, penampilan itu juga diiringi seorang sinden. Pertunjukan alat bermain ini biasanya berlangsung pada acara-acara resmi di keraton, misalnya sehari sebelum Sekaten. Gamelan juga digunakan untuk mengiringi pernikahan yang diselenggarakan oleh keluarga kerajaan. Kegiatan tersebut umumnya terdapat di Keraton Yogyakarta.

Interpretasi

Adanya gamelan didahului oleh budaya Hindu-Budha yang pada awal catatan sejarah mendominasi Indonesia yang juga merepresentasikan kesenian asli Indonesia. Alat tersebut dikembangkan ke bentuknya saat ini selama Kerajaan Majapahit.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Sasando

Pernyataan Umum

Sasando adalah alat musik tradisional dari Pulau Rote di sebelah timur Nusa Tenggara (NTT). Sasando ini adalah alat musik petik tanpa tali dan dimainkan dengan cara ditarik menggunakan jari tangan. Alat musik yang satu ini hampir sama dengan alat musik tradisional seperti kecapi atau kecapi, namun memiliki bentuk dan bunyinya yang sangat khas.

Penjelas

Secara harfiah, nama sasando berasal dari bahasa rote, tepatnya sasanda yang artinya bergetar atau bersuara. Sasando ini sering dimainkan sebagai pengiring lagu, puisi, tarian tradisional dan untuk hiburan keluarga yang berduka. Saat ini, Sasando tidak hanya terkenal di wilayah Pulau Rote, tetapi juga di daerah lain di sebelah timur Nusa Tenggara, seperti Kupang dan daerah lainnya. Sasando ini merupakan salah satu alat musik yang mempunyai bunyi yang beragam, sehingga dapat dimainkan dalam berbagai genre, seperti musik tradisional, pop, dan aliran musik lain yang bukan musik elektrik. Di masyarakat Rote sendiri, sasando seringkali berperan sebagai pemandu tarian, nyanyian, puisi, dan acara menyenangkan lainnya.

Sasando ini memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dengan alat musik petik lainnya. Pada bagian utama sasando ini terdapat tabung panjang yang terbuat dari bambu khusus. Bagian bawah dan atas bambu memiliki ruang untuk memasang dan mengatur senar. Di tengah bambu biasanya terdapat senda (penyangga) tempat senar direntangkan. String ini digunakan untuk menskalakan dan membuat nada yang berbeda untuk setiap string. Sementara itu, ada wadah resonansi berupa anyaman daun lontar yang sering disebut haik.

Interpretasi

Alat musik sasando masih dilestarikan dan dikembangkan. Seperti yang sudah disebutkan, sasando saat ini berkembang menjadi beberapa jenis, baik bunyi maupun elektrik. Saat ini, sasando juga sering memainkan lagu, puisi, dan tarian tradisional. Selain itu, sasando sering dimainkan dalam bentuk orkestra dan pertunjukan tunggal. Suaranya yang merdu dan indah membuat banyak orang tertarik dengan musik tradisional ini. Bahkan pesona suara musik sasando tidak hanya dikenal di masyarakat lokal, tetapi juga dikenal di dalam negeri dan internasional.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Honai

Pernyataan Umum

Honai adalah rumah adat Papua, khususnya di pegunungan. Dimana bentuk dasar Rumah Honai berbentuk lingkaran dengan rangka kayu dan dinding anyaman serta atap jerami berbentuk kerucut.

Penjelas

Bangunan honai berbentuk bundar ini dirancang untuk mencegah cuaca dingin akibat angin kencang. Berdiri kokoh di atas tanah dengan alas (lantai) langsung di atas tanah kemudian ditutup dengan rumput kering (jerami). Setiap honai biasanya dapat menampung sekitar 10 hingga 15 orang. Honai biasanya bertahan 5 hingga 12 bulan sebelum penggantian. Membangun honai adalah tugas laki-laki Denmark dan mereka melakukan tugas ini bersama-sama. Tradisi ini berlanjut hingga hari ini.

Interpretasi

Honai memiliki nilai untuk menjaga persatuan dan keutuhan suku lain dan untuk mempertahankan budaya yang telah selamanya diwariskan oleh nenek moyang kita. Contoh persatuan dan kesatuan di Honai adalah rumah adat ini hanya bisa dibangun oleh laki-laki yang bekerja sama.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Rumah Bolon

Pernyataan Umum

Rumah Bolon merupakan rumah adat Batak yang berasal dari Sumatera Utara. Dulunya rumah adat Bolon ini juga merupakan rumah yang dijadikan kediaman raja pada masa kerajaan.

Penjelas

Rumah adat Bolon ini memiliki berbagai makna kehidupan. Misalnya, kolom pendukung yang kokoh memiliki filosofi gotong royong dan kekuatan sebagai dasar. Atapnya menjadi doa agar pemilik rumah selalu sejahtera. Sementara itu, berbagai ukiran dan doa dianggap baik bagi pemilik rumah. Setiap lantai bangunan juga memiliki arti kehidupan. Bagian bawah mengingatkan orang akan kematian. Bagian tengah menggambarkan kehidupan manusia sehari-hari dan bagian atas menggambarkan dunia para dewa. Struktur retakan di dinding memberi tahu orang-orang bahwa orang-orang saling membutuhkan. Orang diingatkan untuk selalu memahami perannya di dunia dan saling menghormati.

Interpretasi

Rumah Bolon merupakan rumah adat yang memiliki fungsi yang sama dengan rumah lainnya. Namun selain fungsinya sebagai tempat tinggal, rumah adat Batak ini juga memiliki fungsi lain. Di kawasan Tapanuli, Rumah Bologna berfungsi sebagai status sosial pemiliknya.

Baca juga:

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Tor-Tor

Pernyataan Umum

Tari Tor-tor merupakan tarian yang berasal dari Toba, Sumatera Utara. Tarian ini biasa dilakukan pada saat mengadakan suatu upacara adat, ritual atau hanya untuk hiburan semata dan terdiri dari perempuan atau laki-laki atau bisa juga keduanya.

Penjelas

Tari tor-tor memiliki gerakan yang sederhana namun tetap terlihat indah. Dan dalam melakukan tari ini, penarinya wajib menggunakan kain khas batak yang biasa disebut ulos. Namun saat ingin melakukan tari tor-tor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena ada pantangan saat ingin menari tor-tor. Pantangan tersebut adalah tangan penari tidak boleh melewati batas setinggi bahu. Jika pantangan tersebut dilanggarkan, maka dipercaya bahwa penari tersebut nantinya akan mendapat kesialan.

Interpretasi

Selain hanya sebuah tarian, tor-tor juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah antara penari dengan orang lain. Jika di dalam sebuah acara adat, bila ada seseorang yang meminta penari menari dengan menggunakan lagu yang dipilih oleh orang tersebut, maka penari harus siap menarikannya sesuai dengan alunan lagu yang dimainkan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Wayang

Pernyataan Umum

Wayang merupakan salah satu budaya Indonesia yang berupa seni pertunjukan yang berasal dari Jawa dan berkembang pesat di Jawa serta Bali. Wayang biasa dimainkan oleh seorang yang dikenal dengan sebutan dalang. Dalam seni pertunjukan wayang biasanya terdapat cerita tradisional yang memiliki makna tertentu.

Penjelas

Wayang pada awalnya hanyalah sebagai hiburan semata yang dipentaskan dengan boneka tiruan. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, wayang mulai digunakan untuk kegiatan agama seperti penyampaian dakwah. Umumnya wayang dimainkan di balik layar yang dilapisi oleh kain putih sehingga penonton hanya melihat bayangan saja. Lalu dalang akan mulai menggerakkan wayang sesuai dengan karakter atau peran masing-masing wayang tersebut dan memimpin jalannya cerita. Cerita yang paling umum ditampilkan pada saat pementasan wayang adalah cerita Ramayana dan Mahabarata.

Interpretasi

Wayang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang memiliki banyak fungsi bukan hanya untuk hiburan semata tetapi juga sebagai alat komunikasi serta keagamaan. Untuk itu kita wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan wayang ini agar tidak punah sehingga nantinya bisa terus kita wariskan kepada generasi yang akan datang.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Bau Nyale

Pernyataan Umum

Bau Nyale merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang berasal Nusa Tenggara Barat tepatnya suku Sasak. Bau Nyale sendiri artinya upacara penangkapan cacing laut besar-besaran yang terjadi sekali setahun dan merupakan tradisi turun temurun bagi masyarakat disana.

Penjelas

Cacing laut yang akan ditangkap pada upacara ini dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika yang dikenal dengan kecantikannya. Hanya saja ia menceburkan dirinya ke laut lepas agar tidak terjadi pertentangan antara pangeran yang ingin memperebutkan dirinya. Bau Nyale biasanya dilaksanakan pada pagi hari dan sebelum melakukan tradisi ini, para warga akan berkumpul di sekitar pantai mulai dari tengah malam dan melakukan kegiatan apapun dengan bebas. Dan yang mengikuti tradisi ini juga dari berbagai kalangan usia dan tidak memiliki batasan.

Interpretasi

Upacara Bau Nyale ini dilakukan pada bulan Februari. Dan para wisatawan yang ingin menyaksikan upacara ini diperbolehkan untuk datang tetapi tetap harus melapor terlebih dahulu kepada kepala suku yang ada disana.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Batik

Pernyataan Umum

Batik adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang masih ada sampai saat ini bahkan sudah terkenal di berbagai negara. Batik sendiri merupakan kain yang didesain atau dibuat dengan berbagai teknik khusus dan memiliki berbagai macam motif yang setiap motifnya memiliki arti tertentu.

Penjelas

Batik terdiri dari dua jenis yaitu batik tradisional yang memiliki makna tertentu di setiap polanya dan umumnya memiliki karakteristik dari daerah asal batik tersebut dan cenderung memiliki warna gelap. Yang kedua yaitu batik modern, batik yang tidak mengandung makna apapun dan motifnya pun dibuat bebas dengan warna yang bebas pula. Cara pembuatan batik juga beragam, ada yang dinamakan batik tulis yaitu batik yang dilukis dengan tangan, lalu batik cap yang pembuatannya dengan cap yang umumnya terbuat dari tembaga, batik lukis yang pembuatannya dengan melukis langsung pada kain putih, yang terakhir yaitu batik printing yang pembuatannya dengan menyablon batik tersebut.

Interpretasi

Batik merupakan budaya Indonesia yang memiliki ciri khas sendiri karena disetiap kain batik memiliki makna atau filosofinya masing-masing yang membuat salah satu kebudayaan ini wajib untuk terus dilestarikan agar tetap diakui sebagai kebudayaan Indonesia.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Serunai

Pernyataan Umum

Serunai merupakan alat musik tradisional asal Minangkabau yang terbuat dari bambu dan memiliki fungsi mirip klarinet. Serunai biasanya dilakukan pada acara adat, termasuk ritual batagak panghulu.

Penjelas

Serunai adalah alat musik tiup yang terbuat dari dua lembar kayu atau bambu berongga dengan ukuran berbeda. Batang kecil itu disebut pupuik. Tongkat ini adalah sisi yang ditiup pemain dan berfungsi sebagai sumber suara. Batang yang lebih besar memiliki empat lubang atau lebih dan berfungsi sebagai pengatur nada. Kedua bagian ini digabungkan menjadi bagian utama dari serunai. Selain komponen utama tersebut, terdapat komponen tambahan lainnya. Komponen ini merupakan corong yang dihubungkan ke serunai depan. Corong ini biasanya terbuat dari tanduk kerbau atau gabus, dengan sisi depannya membesar. Fungsi corong adalah untuk meningkatkan volume suara harmonik.

Interpretasi

Ukuran serunai relatif kecil. Serunai tanpa corong panjangnya sekitar 20 sentimeter. Penggunaan serunai dalam upacara dan ritual adat juga dibatasi. Hal ini dikarenakan terbatasnya nada yang dihasilkan serunai

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Tari Jaipong

Pernyataan Umum

Tari Jaipong merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Tari Jaipong ini merupakan gabungan dari beberapa kesenian tradisional, seperti pencak silat, wayang golek, tap tilu dan lainnya. Tarian ini sering dilakukan di berbagai acara, seperti penyambutan tamu besar dan festival budaya.

Penjelas

Tarian Jaipong ini diperkenalkan ke masyarakat Bandung oleh seorang seniman bernama Gugum Gumbira dalam rangka mengembangkan tarian asal Karawang di Bandung ini. Gugum Gumbira yang terinspirasi dari berbagai kesenian sebelumnya seperti tilu tap, kliningan dan juga tari ronggeng memadukan tarian ini dengan perkembangan Tari Jaipong. Dalam pertunjukannya biasanya tarian ini dibawakan oleh penari secara individu, berpasangan ataupun berkelompok. Gerakan dalam tarian ini merupakan tarian atraktif dengan gerakan yang dinamis. Dengan gerakan dominan antara lengan, bahu, pinggul yang gesit dan dinamis. Saat menari berpasangan atau berkelompok, penari akan menari secara seragam dalam gerakan antara penari dengan penari lainnya. Selain itu, garis atau formasi yang dibawakan secara gerak menambah keindahan tarian tersebut. Pertunjukan tari diiringi oleh musik tradisional dengan alat musik seperti bedug, gong, saron, kecapi dan lain-lain.

Interpretasi

Tarian Jaipong ini merupakan salah satu simbol kesenian Jawa Barat. Tarian ini sering ditampilkan pada acara hiburan yang menyambut tamu besar dan festival budaya. Seiring dengan perkembangannya, tarian ini mengalami modifikasi dengan berbagai kreasi gerak serta kostum atau atribut yang digunakan dalam tarian tersebut. Perubahan dilakukan untuk membuat tarian tersebut menarik, tetapi tidak meninggalkan cengkeraman atau keasliannya.

Itu dia kumpulan contoh teks eksplanasi budaya singkat dan jelas beserta strukturnya lengkap.

Tinggalkan komentar