Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam – Fenomena alam merupakan suatu peristiwa yang tidak diciptakan manusia, namun dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Ada banyak contoh fenomena alam yang sering terjadi, seperti hujan, petir, dan lainnya. Untuk kamu yang sedang mencari contoh teks eksplanasi fenomena alam, berikut kumpulan contohnya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari

Pernyataan Umum

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam yang sudah tidak asing lagi didengar dan merupakan suatu keadaan dimana matahari tertutup oleh bulan pada saat sedang menyinari bumi. Dan disaat seperti ini, bumi akan menjadi gelap dan terlihat seperti malam hari.

Sebab Akibat

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan, matahari dan bumi berada pada satu garis lurus. Peristiwa ini juga hanya terjadi sebentar saja. Saat terjadi gerhana matahari, kita dilarang untuk menyaksikan peristiwa tersebut karena dapat membahayakan mata. Hal tersebut dapat membahayakan mata karena radiasi dan sinar ultraviolet yang dimiliki sangat besar sehingga dapat merusak retina mata.

Interpretasi

Gerhana matahari terdiri dari berbagai jenis yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari campuran, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari sebagian. Semua jenis gerhana tersebut bisa disaksikan dengan mata telanjang, akan tetapi mengakibatkan kerusakan permanen pada mata. Untuk itu saat ingin menyaksikan gerhana matahari, ada baiknya kita menggunakan pelindung mata seperti kacamata khusus yang dapat menahan pancaran sinar uv.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Aurora

Pernyataan Umum

Aurora merupakan fenomena alam yang berupa cahaya indah yang bisa dilihat pada malam hari. Meskipun berhubungan dengan cahaya, tetapi aurora dan pelangi adalah dua hal yang berbeda. Cahaya yang terpancar di langit malam akan terlihat bergerak sehingga menambah kesan menakjubkan bagi siapa yang menyaksikannya.

Sebab Akibat

Aurora terjadi karena adanya saling keterkaitan antara bumi dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Adanya keterkaitan tersebut, membuat cahaya yang dipancarkan aurora tampak sangat indah dan matahari lah peran utama dalam hal ini. Bukan hanya memancarkan cahaya yang indah, kemunculan aurora juga diikuti dengan suara lembut yang berasal dari langit yang menambah kemegahan salah satu fenomena alam ini. Namun dibalik keindahannya, aurora juga memiliki berbagai dampak yaitu merusak satelit, mengganggu jaringan telekomunikasi dan juga mengganggu GPS.

Interpretasi

Ada waktu tertentu saat ingin melihat aurora yaitu sekitar pukul 9 malam sampai pukul 2 pagi dan pastinya ditempat yang memiliki cahaya sedikit serta tidak terlalu ramai. Dengan begitu, penampakan aurora yang hanya terjadi beberapa menit dapat memuaskan atau memanjakan mata kita.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan Meteor

Pernyataan Umum

Hujan meteor merupakan peristiwa atau fenomena alam yang berupa jatuhnya serpihan meteor atau yang biasa disebut meteorit dalam jumlah yang tidak sedikit yang melintasi bumi sehingga saat dilihat oleh manusia seolah-olah seperti hujan yang turun. Biasanya meteorit ini melintasi bumi dengan kecepatan rata-rata tinggi sehingga manusia hanya bisa melihatnya sekejap saja.

Sebab Akibat

Seperti yang diketahui, bumi mengalami revolusi yaitu pergerakan bumi yang mengelilingi matahari dan memiliki jalur yang disebut orbit. Hujan meteor ini terjadi pada saat lintasan bumi dengan lintasan komet bertemu. Dan pada saat keduanya saling mendekat, maka akan terjadi suatu gesekan dan menyebabkan volume meteor yang masuk ke dalam bumi menjadi meningkat secara tiba-tiba. Dan saat peningkatan itu terjadi, maka meteor akan kehilangan daya untuk mempertahankan orbitnya sehingga terjadilah hujan meteor di beberapa wilayah bumi.

Interpretasi

Meskipun peristiwa hujan meteor ini terjadi dan menuju ke arah bumi, namun biasanya meteor yang jatuh tidak akan sampai ke bumi. Fenomena ini tidak dapat ditentukan kapan akan terjadinya, tetapi biasanya akan terjadi setiap tahun namun di wilayah yang berbeda-beda.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Matahari Kembar

Pernyataan Umum

Matahari kembar atau sundog merupakan fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Biasanya fenomena alam ini akan menampakkan matahari lebih dari satu bahkan bisa lebih dari tiga. Matahari kembar biasanya terjadi di wilayah yang memiliki kristal es.

Sebab Akibat

Matahari kembar terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari yang menembus kumpulan kristal es pada suhu minimum. Pembiasan inilah yang menghasilkan cahaya-cahaya baru yang berbentuk seperti bola dan muncul disekitar matahari sehingga disebut matahari kembar. Cahaya yang dihasilkan juga memiliki warna merah pada saat mendekat dengan matahari utama. Dan akan berubah warna seperti warna langit saat cahaya tersebut perlahan menjauhi matahari.

Interpretasi

Fenomena ini dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Namun umumnya fenomena ini terjadi pada saat matahari terbit atau tenggelam. Bila terjadi pada saat matahari terbit, maka semakin tinggi matahari tersebut maka cahaya yang bentuknya seperti matahari ini perlahan akan mulai menghilang.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Bulan

Pernyataan Umum

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam terindah. Fenomena ini terjadi saat Bumi berada di antara matahari dan bulan. Berada pada jarak yang sama antara matahari dan bulan dan berada dalam garis lurus.

Sebab Akibat

Pada saat gerhana bulan, bulan biasanya memantulkan sinar matahari. Itulah mengapa bulan bersinar pada malam hari karena memantulkan sinar matahari. Namun, saat bulan terhalang, yang jatuh bukanlah sinar matahari, melainkan bayangan bumi di atas permukaan bulan. Gerhana bulan terjadi saat bulan purnama. Pada saat gerhana, sisa sinar matahari tetap ada, yang dibengkokkan dari atmosfer bumi menuju Bulan. Oleh karena itu, Bulan masih terlihat secara teratur. Oleh karena itu, cahaya yang dibengkokkan memiliki spektrum merah. Oleh karena itu, bulan menjadi lebih gelap saat gerhana dan terkadang berwarna merah tembaga, bahkan oranye hingga coklat.

Interpretasi

Saat bumi benar-benar menghalangi posisi matahari di bulan dan berada dalam garis lurus, maka matahari, bumi, dan bulan adalah waktu terjadinya gerhana bulan total.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Petir

Pernyataan Umum

Petir merupakan fenomena alam yang relatif menakutkan. Petir, kilat atau kilat merupakan fenomena alam yang terjadi setelah datangnya musim hujan. Dimana langit saat itu mengeluarkan pancaran petir yang sangat pendek namun menyilaukan disertai dengan suara yang sangat mencekam. Ini terkadang diikuti dengan suara yang berdenyut, juga dikenal sebagai guntur. Munculnya guntur, kilat, atau guntur dan guntur akan bervariasi tergantung pada kecepatan suara dan cahaya.

Sebab Akibat

Petir terjadi karena adanya potensi antara awan dan awan atau awan lain di bumi. Pembebanan biaya terjadi jika awan bergerak terus menerus dan sering sehingga awan tersebut berinteraksi dengan awan lain. Ini menyebabkan bagian atas memiliki muatan negatif dan muatan di belakang membaca muatan positif. Ketika beda potensial antara awan dan bumi besar, muatan negatif atau yang disebut elektron dilepaskan untuk mencapai kesetimbangan. Ketika muatan negatif dari pesawat terlepas dan melebihi batas isolasi udara, akan terjadi ledakan suara.

Interpretasi

Selama musim hujan, petir sangat sering terjadi karena kandungan air yang tinggi mengurangi isolasi udara dan memfasilitasi aliran muatan negatif dan memberikan arus yang kuat pada tanah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Supermoon

Pernyataan Umum

Supermoon adalah fenomena yang terjadi ketika bulan berada paling dekat dengan bumi. Orbit bulan mengelilingi bumi tidak melingkar, tetapi memiliki bentuk oval seperti orbit bumi menuju matahari.

Sebab Akibat

Fenomena ini terjadi saat bulan purnama di titik yang jaraknya dari Bumi sangat kecil. Hal tersebut sudah pasti terjadi yaitu penampakan bulan yang akan terlihat sangat besar. Orbit bulan mengelilingi bumi tidak melingkar, melainkan berbentuk oval seperti orbit bumi yang mengelilingi matahari. Karena bentuknya, bulan bisa berada di titik terdekat atau terjauh dari Bumi. Dari sudut pandang astronomi, titik terdekat di Bulan ke Bumi disebut perigee. Sementara itu, titik terjauh dari Bulan ke Bumi disebut apogee.

Interpretasi

Semakin dekat ke bumi, bulan akan tampak lebih cerah dan lebih besar dari biasanya. Itulah mengapa fenomena ini dinamakan supermoon. Tapi ternyata bulan tidak terlalu ‘keren’ lho. Bulan sebenarnya akan tampak lebih besar, namun tanpa bantuan alat khusus akan sulit menentukan ukuran bulan sesuai dengan biasanya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Bioluminesensi

Pernyataan Umum

Bioluminesensi adalah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. fenomena ini terjadi di lautan.

Sebab Akibat

Fenomena ini terjadi ketika biota laut, seperti rumput laut, plankton, ubur-ubur, dan makhluk laut yang mampu menghasilkan cahaya yang terbentuk melalui reaksi kimia alami, produksi, dan emisi cahaya dihasilkan oleh energi melalui oksidasi luciferin sebagai substratnya yang dikatalis oleh enzim luciferase. Sehingga dapat menghasilkan cahaya yang begitu indah saat malam hari. Mereka menyala untuk menarik perhatian pasangannya, membuat mangsanya mendekat, menjauhkan predator, dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Semua tergantung kebutuhan setiap makhluk.

Interpretasi

Fenomena ini pernah terjadi di daerah Lampung lebih tepatnya di Pesisir Barat Lampung. Menurut penjelasan Agus Setyawan, seorang Dosen Ilmu Kelautan Universitas Lampung, fenomena tersebut terbilang unik karena fenomena Bioluminesensi biasanya terjadi di daerah teluk. Fenomena ini pernah terjadi di Laut Jepara.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Awan Lenticular

Pernyataan Umum

Awan Lenticular adalah awan gelombang orografik berbentuk lensa yang terbentuk ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi di bukit dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa dari ketinggian yang berbeda melalui troposfer (6.500 – 16.000 kaki).

Sebab Akibat

Fenomena awan ini terbentuk akibat embusan angin yang kencang yang menabrak dinding besar, seperti berupa bukit atau gunung sehingga menyebabkan terbentuknya suatu pusaran. Walaupun memiliki tampak yang indah awan lenticular dapat membahayakan pesawat yang melintas sehingga pesawat harus menjauh dari awan ini karena bisa menimbulkan turbulensi pada pesawat.

Interpretasi

Awan lenticular mendapatkan namanya karena mereka berbentuk seperti lensa atau piring. Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang disebut “awan piring terbang” dan kadang disalah artikan sebagai UFO. Selain itu, ada tiga jenis utama awan lenticular, yaitu: Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL), Stratocumulus Standing Lenticular (SCSL), dan Cirrocumulus Standing Lenticular (CCSL), dengan ketinggian yang bervariasi di atas tanah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Awan Morning Glory

Pernyataan Umum

Awan morning glory adalah fenomena meteorologi yang sangat langka. Awan ini sering disebut dengan cloud roll atau cloud roll. Awan Morning Glory adalah awan bergulir yang panjangnya bisa mencapai 1.000 kilometer (hampir sepanjang pulau Jawa), tingginya hingga 1-2 kilometer, namun terkadang hanya sekitar 100 hingga 200 meter di atas permukaan bumi. Dan ia dapat bergerak dengan kecepatan hingga 60 kilometer per jam.

Sebab Akibat

Salah satu penyebab utama terjadinya morning glory adalah sirkulasi mesoscale (sistem cuaca yang lebih rendah dan sistem badai) yang terkait dengan angin laut yang berkembang dari pegunungan dan teluk. Dalam skala besar, kejayaan awal biasanya dikaitkan dengan sistem frontal di Australia tengah dan tekanan tinggi di Australia utara. Morning glory terjadi saat kelembaban tinggi, yang memberikan kelembaban untuk pembentukan awan, dan saat angin laut bertiup kencang.

Interpretasi

Australia merupakan salah satu tempat yang sering terjadi fenomena awan morning glory ini. Di sana, awan ini muncul setiap musim semi. Awan ini dapat menyebabkan turbulensi parah di pesawat.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Petir The Everlasting Storm

Pernyataan Umum

The Everlasting Storm adalah fenomena awan yang sangat unik yang berputar dan menciptakan petir. Ini dikenal sebagai Badai Abadi karena petir ini keluar hingga 160 hari setahun, 10 jam sehari dan 280 kali satu jam.

Sebab Akibat

Terdapat sekitar 1.176.000 aliran listrik per tahun di kawasan ini dengan intensitas mencapai 400.000 ampere dan terlihat hingga jarak 400 km. Tabrakan dengan angin yang datang dari Andes akan menyebabkan badai dan petir terkait, yang merupakan hasil pelepasan listrik melalui gas terionisasi, khususnya metana, yang dibentuk oleh penguraian bahan organik di rawa. Karena lebih ringan dari udara, gas tersebut naik ke awan dan menyebabkan badai.

Interpretasi

Badai permanen ini terjadi di atas rawa-rawa Sungai Catatumbo hingga Danau Maracaibo dan dianggap sebagai generator tunggal terbesar di planet ini jika dilihat dari intensitas pelepasan awan-ke-awan dan frekuensinya yang tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Underwater River

Pernyataan Umum

Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh Mr. Conted, dimana ia menemukan keanehan bahwa terdapat air tawar di danau tersebut yang tidak bercampur dengan air laut. Jika dilihat dari daratan, Angelita terlihat seperti lubang biasa di kolam, namun saat menyelam hingga kedalaman hampir 33 meter, Anda bisa melihat sungai bawah laut ini.

Sebab Akibat

Fenomena ini terjadi karena lubang tersebut terisi air hujan, dimana kita tahu bahwa air sungai itu manis. Sungai ini terjadi ketika air tawar bertemu dengan air asin. Fakta lainnya yaitu kepadatan air tawar yang tinggi menyebabkan dinding pemisah antara air asin dan air tawar, karena dinding ini segar dan air asin tidak bercampur. Sungai bawah laut ini terjadi karena fenomena halocline. Pada zona haloklinis, kedalaman zona tersebut akan mempengaruhi kandungan garam laut yang akan berubah dengan cepat seiring dengan bertambahnya kedalaman. Akibat perubahan tersebut maka massa jenis air inilah yang menyebabkan terjadinya dinding sekat antara air tawar dan air asin.

Interpretasi

Penemuan ini merupakan fenomena yang sangat menarik dan mengasyikkan bagi dunia. Meskipun ada yang tidak percaya dan mengklaim bahwa sungai di bawah laut adalah lapisan gas hidrogen sulfida dan itu bukan air tawar, tetapi itu semua adalah keyakinan kita – percaya atau tidak. Namun satu hal yang pasti bahwa fenomena ini adalah salah satu dimensi Tuhan.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pelangi Api

Pernyataan Umum

Fenomena ini berupa pelangi berbentuk api. Faktanya, busur ini dikenal dalam bahasa ilmiah sebagai busur sirkumhorizontal. Pelangi tampak menyebar seperti api di langit. Peristiwa ini sangat jarang terjadi dan hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Sebab Akibat

Pelangi api bisa diamati saat musim panas. Saat matahari berada sangat tinggi di langit, berkas cahayanya kemudian berubah warna menjadi kristal es heksagonal. Sekali tercipta, pelangi api hanya bisa dibuat dari tempat dan waktu tertentu saja. Di London, Inggris misalnya, matahari cukup tinggi hanya selama 140 jam dari pertengahan Mei hingga akhir Juli. Sementara di Los Angeles, matahari berada di atas 58 derajat selama 670 jam antara akhir Maret hingga akhir September.

Interpretasi

Agar pelangi api memiliki tampilan terbaik, matahari harus setinggi setidaknya 58 derajat dan harus ada awan cirrus dengan lempengan kristal es. Diperlukan dua kondisi agar sinar matahari memasuki kristal es secara miring. Persyaratan ini juga membuat api pelangi menjadi fenomena alam yang langka.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin

Pernyataan Umum

Gerhana matahari cincin atau annular terjadi ketika Bulan menutupi pusat Matahari, kecuali tepi luar Matahari, yang tetap terlihat, menciptakan lingkaran api di sekitar Bulan. Istilah annular berasal dari bahasa latin annulus yang artinya cincin. Istilah gerhana matahari annular mengacu pada titik tergelap atau maksimum yang terlihat dari lokasi tertentu.

Sebab Akibat

Terjadinya gerhana matahari annular bergantung pada jarak antara tiga benda yaitu Matahari, Bumi, dan Bulan. Bumi bergerak dalam orbit elips mengelilingi Matahari dan Bulan bergerak dalam orbit elips mengelilingi Bumi. Untuk mengubah jarak antara tiga benda langit. Ketika Matahari berada paling dekat dengan Bumi dan Bulan berada pada atau mendekati jarak terjauh, Bulan tampak lebih kecil di langit daripada Matahari. Dalam situasi ini, bulan tidak terlihat cukup besar untuk menutupi piringan matahari sepenuhnya, dan lingkaran cahaya masih akan terlihat di langit.

Interpretasi

Di titik dimana cincin itu terlihat, gerhana matahari annular bisa berlangsung lebih dari 3 jam. Total durasi gerhana annular bisa lebih dari 6 jam dari awal hingga akhir, namun tidak di satu tempat. Dering terjadi ketika hanya lingkaran api yang terlihat di langit, dengan rentang waktu kurang dari 1 detik hingga lebih dari 12 menit.

Baca juga:

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan Meteor Draconid

Pernyataan Umum

Emanuel Sungging, kepala divisi penyebaran Pusat Sains Antariksa Lapan, mengatakan gerombolan meteor itu dinamai Draconid karena radian atau titik awal gerombolan meteor di konstelasi Draco. Kawanan meteor Draconid ini berasal dari sisa-sisa debu komet 21P / Giacobini-Zinner yang mengorbit Matahari setiap 6,6 tahun sekali. Oleh karena itu, hujan meteor tunggal ini juga dikenal sebagai giancobinide

Sebab Akibat

Peristiwa yang dianggap spektakuler adalah ketika meteor melintas dan menyebabkan bertambahnya material yang menjadi longsoran kemudian terbakar ke atmosfer. Saat komet lewat di titik terdekat matahari (perihelion), semakin banyak komet yang tersisa. Intensitas meteor swarm yang terjadi per jam cukup rendah dan akan berbeda-beda di setiap wilayah, dari 4 meteor untuk wilayah Kupang hingga 6 meteor per jam untuk wilayah Banda Aceh.

Interpretasi

Anda kemungkinan besar akan menyaksikan fenomena kawanan meteor ini jika daerah Anda cerah dan bebas polusi cahaya. Jadi ketika Anda mengamatinya di perkotaan, Anda hanya akan melihat 1-2 meteor per jam. Pengamatan terbaik dari sekumpulan meteor draconids dapat diamati dari belahan bumi utara.

Itulah kumpulan contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam lengkap beserta strukturnya, selamat belajar.

Tinggalkan komentar